Brilio.net - Apakah kamu pernah mendengar istilah kata homonim? Dalam teori bahasa, istilah homonim berarti kata-kata yang memiliki pengucapan atau ejaan yang sama, tetapi memiliki arti yang berbeda. Kata homonim berasal dari bahasa Yunani Kuno "onama" yang artinya nama, serta "homo" yang artinya sama. Jadi, secara harfiah, homonim dapat diartikan sebagai nama yang sama untuk benda atau hal lain.

Mungkin, dalam percakapan sehari-hari kamu seringkali mengungkapkan kalimat-kalimat kiasan yang punya makna dibalik kata-kata yang diucapkan. Misalnya ketika ingin menyindir teman yang sulit bayar hutang, mungkin kamu akan berkata dengan kalimat sindiran yang berisi kata-kata homonim.

Nah, untuk bisa memahami lebih jelas lagi tentang kata homonim, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/11) ini dia 30 contoh kata homonim, pengertian, dan penggunaanya dalam kalimat. Cekidot!

Contoh kata homonim freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian Kata Homonim

Kata homonim merujuk pada dua atau lebih yang memiliki pengucapan atau ejaan yang sama, tetapi memiliki arti yang berbeda. Meskipun bentuk dan bunyinya serupa, makna dari kata homonim ini tidak ada keterkaitan dalam hal arti. Ada dua jenis homonim utama, sebagai berikut:

1. Homonim Sempurna
Homonim sempurna adalah kata-kata yang memiliki pengucapan, ejaan, dan makna yang sama persis. Contohnya adalah kata "hati" yang dapat merujuk pada alat untuk organ dalam tubuh atau sesuatu dalam jiwa yang peka terhadap berbagai perasaan.

2. Homonim Sebagian
Homonim sebagian, atau homofon, adalah kata-kata yang memiliki pengucapan dan ejaan yang sama, tetapi memiliki makna yang berbeda. Contoh umum homonim sebagian adalah bajak dan bijak.

Contoh kata homonim freepik.com

foto: freepik.com