Brilio.net - Istilah kata arkais memang tidak lazim terdengar, apalagi bagi kamu yang tak berkecimpung di dunia bahasa dan sastra Indonesia pasti asing dengan istilah ini. Lantas apa itu kata arkais? Secara sederhana kata arkais adalah kata-kata yang sudah kuno dan jarang digunakan masyarakat.

Kata arkais biasanya berkaitan dengan masa dahulu atau masa lampau. Jadi, wajar jika ketika kamu menemukan contoh kata arkais dalam artikel ini terkesan asing atau tidak memahami makna kata tersebut. Walau begitu, kata arkais sering ditemukan dalam karya sastra, terutama karya sastra klasik yang menggunakan bahasa yang indah dan puitis.

Namun pada beberapa konteks, kata arkais juga bisa muncul dalam karya tulis ilmiah yang membahas tentang sastra atau sejarah. Lalu, apa saja contoh kata arkais yang ada dalam bahasa Indonesia? Simak ulasan berikut untuk mengetahui 50 contoh kata arkais beserta artinya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/11).

Definisi kata arkais.

Contoh kata arkais © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kata arkais adalah kata yang berhubungan dengan masa dahulu, kuno, atau antik, yang sudah tidak lazim digunakan di zaman sekarang. Kata arkais biasanya memiliki makna yang berbeda dari kata-kata yang sering digunakan sekarang, atau memiliki sinonim yang lebih umum dan populer. Kata arkais sering ditemukan dalam karya sastra kuno, cerita rakyat, atau bahasa-bahasa daerah yang sudah jarang dituturkan.

Untuk memperluas pemahamanmu tentang contoh kata arkais, berikut beberapa pandangan para ahli tentang arti kata arkais. Menurut Chaer (2008), kata arkais adalah kata yang sudah tidak dipakai lagi dalam bahasa Indonesia, tetapi masih dipakai dalam bahasa daerah atau bahasa asing.

Selanjutnya menurut Kridalaksana (2008), kata arkais adalah kata yang sudah tidak dipakai lagi dalam bahasa Indonesia, tetapi masih dipakai dalam bahasa daerah, bahasa asing, atau karya sastra yang berciri khas kuno.

Nggak jauh berbeda, menurut Tarigan (2011), kata arkais adalah kata yang sudah tidak dipakai lagi dalam bahasa Indonesia, tetapi masih dipakai dalam bahasa daerah, bahasa asing, atau karya sastra yang berkaitan dengan masa lalu.

Dari definisi-definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa contoh kata arkais adalah kata yang sudah tidak umum digunakan dalam bahasa Indonesia, tetapi masih digunakan dalam bahasa-bahasa lain atau karya-karya tertentu yang memiliki nilai sejarah, budaya, atau estetika.