Brilio.net - Saat duduk di bangku sekolah, kamu pasti pernah mendapatkan pelajaran seputar kalimat berpola S+P+O+K atau Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. 

Untuk membuat sebuah kalimat menjadi lebih sempurna dan enak sewaktu dibaca, penambahan kata kerja menjadi hal yang diperlukan. Bahkan, hampir tidak ada kalimat yang tidak diberikan kata kerja di dalamnya.

Penggunaan kata kerja tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Penyusunan SPOK harus tetap diperhatikan agar kalimat yang tersusun sudah benar-benar sesuai.

Kata Kerja merupakan kata yang berfungsi untuk menjelaskan tentang suatu aktivitas atau suatu perbuatan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sesuatu.

Kata Kerja juga bisa didefinisikan sebagai kata yang menjelaskan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau penjelasan dinamis lainnya. Kata kerja sering menduduki fungsi predikat dalam sebuah kalimat atau klausa. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (19/1) kata kerja memiliki beberapa jenis sebagai berikut.