Brilio.net - Dalam sebuah kalimat bahasa Indonesia, sering kali ditemukan kata dalam suatu kalimat yang menggunakan sebuah awalan. Kata tersebut sangat mudah ditemukan, bahkan seseorang sampai tidak menyadarinya.

Awalan atau imbuhan pada sebuah kata tersebut sering disebut dengan prefiks. Prefiks merupakan suatu unsur penting yang berguna dalam penulisan suatu kalimat. Dengan adanya prefiks, suatu kata maupun kalimat dapat lebih mudah untuk dipahami.

Penasaran seperti apa fungsi prefiks dan pengertiannya? Berikut adalah penjelasan tentang prefiks beserta contoh kalimatnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (9/12).

Pengertian prefiks.

15 Contoh kalimat prefiks lengkap © 2022 berbagai sumber

foto: pexels.com

Prefiks secara umum dapat diartikan sebagai suatu imbuhan yang terletak di awal atau di depan kata dasar. Dengan begitu, prefiks sering juga disebut sebagai awalan. Jenis-jenis prefiks adalah imbuhan ber-, pe-, se-, di-, dan ke-.

Selain itu beberapa ahli juga menjabarkan pengertian dari prefiks. Berikut adalah pengertian prefiks menurut para ahli.

a. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prefiks diartikan sebagai imbuhan yang ditambahkan pada bagian awal kata dasar atau bentuk dasar.

b. Menurut Keraf (1984:94), prefiks adalah suatu unsur yang secara struktural diikatkan di depan sebuah kata dasar dan bentuk dasar.

c. Menurut (Alwi dll, 1998: 31), prefiks merupakan afiks yang ditempatkan di bagian muka suatu kata dasar. Sementara itu, menurut Kridalaksana dalam Anna Windri (2015:5) mengungkapkan, prefiks merupakan afiks yang ditambahkan pada bagian depan pangkal. Selain itu, menurut Chaer dalam Anna Windri (2015:5) prefiks adalah imbuhan yang diimbuhkan dimuka bentuk dasar.

 

 

 

 

Mgg: Agung Pradana Putra