Brilio.net - Sama seperti dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mempunyai beberapa kata ungkapan yang menarik. Kata tersebut seringkali digunakan seseorang untuk mengungkapkan ekspresi mereka, entah itu saat sedih, senang, marah, dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Inggris ungkapan kata ekspresi tersebut seringkali disebut dengan interjection. Interjection tanpa disadari, seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu saat melakukan percakapan langsung maupun melalui pesan teks.

Penasaran tentang apa itu interjection dan bagaimana penggunaanya. Berikut adala penjelasan tentang interjection yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/11)

kalimat interjection dan contoh © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian interjection

Interjection secara umum dapat diartikan sebagai, serangkaian kata apapun yang dapat membuat kalimat menjadi lebih ekspresif. Jadi, interjection seringkali digunakan untuk mengekspresikan perasaan seseorang. Sehingga perasaan semacam marah, sedih, kesal, senang, terkejut, dan sebagainya dari seseorang atau kelompok orang menjadi lebih mudah tersampaikan

Selain itu, pengertian lain interjection yaitu merupakan bentuk kata seru, atau sering juga disebut exclamation, adalah kata yang diucapkan secara spontan untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran yang terasa atau muncul tiba-tiba, seperti terkejut, senang, kesakitan, heran, dan sebagainya. Pemakaian interjection dapat dicontohkan dengan kalimat di bawah ini.

Dalam bahasa Inggris, cara pengucapan interjection bisa berupa kata sifat (adjective), kata benda (noun), kata ganti (pronoun), kata keterangan (adverb), kata sambung (conjunction), pengandaian (subjunctive), kata perintah (imperative), dan to infinitive.

Fungsi kata interjection

Interjection dalam bahasa Inggris mempunyai beberapa fungsinya sendiri. Fungsi tersebut dapat digunakan untuk mengekspresikan suatu hal yang sedang dirasakan penyampai pesan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi kata interjection.

1. Kata interjection digunakan untuk menyatakan persetujuan

2. Kata interjection digunakan untuk menyatakan permohonan maaf

3. Kata interjection digunakan untuk menyatakan keterkejutan

4. Kata interjection digunakan untuk menyatakan ketidak setujuan

5. Kata interjection digunakan untuk menyatakan kegembiraan

6. Kata interjection digunakan untuk menyatakan kelegaan (relief)

7. Kata interjection digunakan untuk menyatakan kekesalan atau kemarahan

(brl/lea)