Brilio.net - Dalam bahasa Inggris terdapat suatu hal yang tidak boleh dilewatkan untuk dipelajari yaitu preposition. Dengan mempelajari preposition seseorang dapat dikatakan selangkah lebih maju untuk menguasai bahasa Inggris. Karena preposition hampir sama pentingnya dengan verb dan to be, hal ini dapat dibuktikan dengan sering ditemukannya kalimat preposition dalam percakapan sampai tulisan bahasa Inggris.

Sebelum mendalami tentang apa itu preposition, alangkah baiknya untuk mempelajari dari awal terlebih dahulu, yaitu dengan memahami definisi, ciri, serta fungsi preposition terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasan tentang kalimat preposition bahasa Inggris yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (24/11).

Contoh kalimat preposition bahasa Inggris pexels.com

foto: pexels.com

Pengertian kalimat preposition.

Preposition dalam bahasa Inggris merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menunjukkan hubungan antara objek dengan bagian lain di dalam kalimat. Sedangkan menurut Hotben D. Lingga pada buku Advanced English Grammar for TOEFL Preparation, preposition berguna untuk menunjukkan hubungannya dengan kata yang lain dalam suatu kalimat, preposition diletakkan di depan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti). Namun, preposition juga bisa diikuti oleh kata kerja yang berbentuk gerund. Kata depan bahasa Inggris ini bersama objeknya menerangkan verb (kata kerja), noun (kata benda), atau adjective (kata sifat). Object of preposition dapat berupa noun, noun phrase (frasa kata benda), pronoun (kata ganti), atau gerund (verb + -ing).

Kalimat preposition memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai penunjuk waktu, penunjuk tempat, kepemilikan, penanda perbandingan, hingga menunjukkan bagaimana suatu tindakan diselesaikan. Against, above, along, at, before, behind, since, on, except, for, from in, into, through, outside, opposite, dan under adalah beberapa contoh preposition dalam bahasa Inggris.

Ciri-ciri kalimat preposition.

Sudah pasti kalimat preposition memiliki ciri tersendiri agar dapat dibedakan dengan kalimat-kalimat lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat preposition.

1. Kalimat preposition letaknya terpisah dengan subject.

2. Kalimat prepositon merupakan jenis kalimat dependen.

3. Kalimat preposition dapat disisipi adverb atau pun adjective.

4. Kalimat preposition selalu mengandung preposisi dan objek kalimat.

 

Magang: Agung Pradana Putra

(brl/tin)