Brilio.net - Hampir setiap orang dewasa pernah menerima atau memberi kritikan kepada orang lain, entah itu teman, orang tua, instansi, atasan, guru dan lain sebagainya. Kritikan dapat disampaikan dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Dalam penyampaian tertulis, perlu bahasa yang tepat agar penerima dapat memahami apa isi dari kritikan tersebut. Lalu bagaimana jika kalimat kritikan disampaikan dengan bahasa Inggris? Tentunya penyampaian kritik dalam bahasa Inggris mempunyai tata caranya tersendiri agar seseorang yang menerima kritik tidak salah mengartikannya.

Sebelum mengetahui cara menyampaikan kritikan dalam bahasa Inggris, alangkah baiknya mengetahui beberapa penjelasan tentang kalimat kritikan. Berikut adalah penjelasan tentang kalimat kritikan dalam bahasa Inggris yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (24/11).

Definisi kalimat kritik

Contoh kalimat kritikan  istimewa

foto: pexels.com

Kalimat kritik merupakan kalimat komentar atau ungkapan yang berisi penilaian baik atau buruknya suatu hal. Biasanya, kalimat tersebut berisi hal yang perlu diperbaiki agar hal tersebut menjadi lebih baik lagi. Walaupun membicarakan hal yang buruk, kalimat kritik biasanya bersifat sopan dan tidak boleh bersifat menjelek-jelekkan atau mencaci maki.

Ciri-ciri kalimat kritik

Kalimat kritik mempunyai beberapa ciri khusus agar dapat dbedakan dengan kalimat-kalimat lainya. Berikut adalah ciri-ciri dari kalimat kritik:

1. Memberi saran perbaikan
2. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan
3. Bertujuan menjembatani pemahaman pembaca
4. Bersifat menanggapi atau mengomentari karya orang lain