Brilio.net - Materi tentang bahasa Inggris memang sangatlah luas, perlu beberapa waktu supaya dapat benar-benar menguasainya. Mulai dari klausa dan tense juga mempunyai cabangnya masing-masing. Maka dari itu untuk dapat menguasai bahasa Inggris, seseorang harus dapat menguasai dasarnya terlebih dahulu, seperti mempelajari tense dan pengembangannya.

Present perfect continuous tense salah satunya. Tense ini dalam bahasa Inggris memang sangat berguna, baik itu digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun membuat tulisan dalam bentuk karya tulis atau hanya untuk sekadar berkomunikasi.

Oleh karena itu mempelajari present perfect continuous tense memang sangat berguna bagi seseorang yang ingin menguasai bahasa Inggris. Supaya dapat dengan mudah mempelajarinya, brilio.net merangkum penjelasan tentang present perfect continous tense dari berbagai sumber pada Kamis (24/11). Berikut ini adalah rangkumannya.

Contoh kalimat present perfect continuous berbagai sumber

foto: pexels.com

Present perfect continuous tense.

Present perfect continuous tense merupakan suatu bentuk kata kerja atau tense yang berguna untuk menyatakan aksi yang telah selesai pada suatu titik di masa lampau, atau tindakan yang sudah dimulai di masa lalu, tetapi tindakan tersebut masih terjadi/berlanjut sampai masa sekarang atau dapat diartikan juga dengan present perfect continuous untuk menunjukkan suatu tindakan yang sudah dimulai di masa lalu dan masih terjadi di masa sekarang.

Rumus present perfect continuous tense.

Supaya dapat menggunakan present perfect continuous tense dengan baik, berikut adalah rumus present perfect continuous tense.

(Kalimat positif (+), S + have/has been + Verb-ing)

(Kalimat negatif (-), S + have/has not been + Verb-ing)

(Kalimat interogatif (?), Have/Has + S + been + Verb-ing)

 

Magang: Agung Pradana Putra

(brl/tin)