Brilio.net - Dalam bahasa Inggris, mempelajari tentang verb memang tidak ada habisnya. Namun salah satu cara agar dapat menguasai Inggris, verb menjadi hal penting dan perlu dipelajari. Masalahnya, tidak semua orang dapat memahami kosakata tersebut. Dibutuhkan konsentrasi agar dapat memahaminya dengan cepat dan benar.

Sebelum menuju ke jenis irregular verb, alangkah baiknya kamu mengetahui atau mengingat kembali tentang apa itu verb. Verb merupakan kata yang mendeskripsikan aksi, tindakan, kondisi, atau pengalaman sesuatu. Di dalam bahasa Indonesia, verb diartikan sebagai kata kerja. Verb menunjukkan aktivitas dari subjek dalam kalimat. Dalam bahasa Inggris, kata kerja tak harus menunjukkan sebuah aksi, tetapi dapat menyatakan kondisi dan keadaan.

Setelah cukup mengetahui pengertian verb, berikut ini adalah penjelasan dari salah satu jenis verb dalam bahasa Inggris, yaitu irregular verb. Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/11).

Pengertian irregular verb

Contoh kalimat irregular verb bahasa Inggris © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Irregular verb merupakan kata kerja bentuk past tense dan past participle-nya tidak konsisten. Dapat diartikan bentuk past tense dan past participle-nya tidak didapat dengan cara yang biasa dengan menambahkan -ed atau -d pada base form / bare infinitive seperti pada regular verb.

Sebagian bentuk past tense dan/atau past participle adalah kata kerja yang memiliki nama lain strong verb ini sama dengan base form, sedangkan sebagian yang lain berbeda. Namun sebagian besar kata kerja ini sama bentuknya dengan past tense dan past participle-nya.

Irregular verb sering disebut dengan kata kerja tidak beraturan, dikarenakan kata kerja yang ada pada irregular verb selalu berubah-ubah dan tidak mematuhi peraturan normal seperti yang ada pada regular verb.

Contoh kata irregular verb

Berikut ini adalah contoh kata irregular verb dari mulai verb awal – present tense (V1) – past tense (V2) – past participle (V3).

1. Sit (duduk) – sits – sat – sat

2. Eat (makan) – eats – ate – eaten

3. Feel (merasa) – feels – felt – felt

4. Buy (membeli) – buys – bought – bought

5. Come (datang) – comes – came – come

6. dDo (melakukan) – does – did – done

7. Give (memberikan) – gives – gave – given

8. Go (pergi) – goes – went – gone

9. Have (mempunyai) – have/has – had – had

10. Know (mengetahui) – knows – knew – known

11. Leave (meninggalkan) – leaves – left – left

12. Lend (meminjami) – lends – lent – lent

13. Let (membiarkan) – lets – let – let

14. Make (membuat) – makes – made – made

15. Meet (menemui) – meets – met – met

16. Run (berlari) – runs – ran – run

17. Say (mengatakan) – says – said – said

18. Write (menulis) – writes – wrote – written

19. See (melihat) – sees – saw – seen

20. Send (mengirim) – sends – sent – sent

21. Take (mengambil) – takes – took – taken

22. Tell (mengatakan) – tells – told – told

23. Think (berpikir) – thinks – tought – tought

24. Become (menjadi) – becomes – became – become

25. understand (mengerti) – understand – understood – understood