Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia, verba juga termasuk instrumen utama dalam sebuah kalimat. Verba atau yang sering dikenal dengan kata kerja ini merupakan kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.

Verba sendiri mempunyai beberapa jenisnya, salah satu jenis verba adalah verba relasional. Verba relasional seringkali ditemukan dalam sebuah kalimat, bahkan seseorang sering tidak menyadarinya.

Supaya tidak penasaran, berikut ini adalah penjelasan tentang verba relasional yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (14/12).

Contoh kalimat verba relasional berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian verba relasional.

Menurut Nikolaus Pasassung dalam buku Tata Bahasa Fungsional karangan, verba relasional dalam bahasa Indonesia ialah proses relasional direpresentasikan menggunakan kata ‘ialah’ atau ‘adalah’, atau kata kerja lain seperti tampak, kelihatan, berarti, menjadi, dan sebagainya. Kata kerja relasional digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau sebutan khusus di bidang tertentu.

Sedangkan, menurut Kemdikbud dalam Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial, kata kerja relasional merupakan kata kerja yang merujuk pada proses untuk menjadi sesuatu. Dalam arti lain, kata kerja relasional bisa menunjukkan hubungan sebab akibat.

Secara umum, struktur kalimat yang mengandung kata kerja relasional adalah (Subjek + Kata Kerja Relasional + Pelengkap). Sebuah kalimat yang mengandung kata kerja relasional harus mengandung pelengkap. Jika tidak, maka kalimat tersebut tidak dapat dibaca.

Bentuk verba relasional.

Proses rasional berbeda dengan proses kata kerja lainnya, karena berfungsi sebagai penghubung yang menjelaskan identitas atau keadaan subjeknya. Dikutip dari buku Tata Bahasa Fungsional dan Explore Bahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII karangan Erwan Rachmat, terdapat dua bentuk proses relasional. Berikut ini adalah bentuk verba relasional.

1. Proses relasional yang mengidentifikasi.

Proses relasional menggunakan kata kerja relasional untuk mengidentifikasikan suatu hal.

2. Proses relasional atributif.

Proses relasional atributif menggunakan kata kerja untuk memperjelas karakteristik suatu hal.

Jenis-jenis verba relasional.

Jenis-jenis Verba Relasional Verba relasional terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu; kata kerja relasional sebab akibat, kata kerja relasional identitas, dan kata kerja relasional kepemilikan. Berikut penjelasan tentang masing-masing jenis verba relasional.

1. Kata kerja relasional sebab akibat.

Kata kerja ini merupakan verba yang mengandung kata menjadi, menyebabkan, mengakibatkan, atau menimbulkan.

2. Kata kerja relasional identitas.

Kata kerja relasional identitas merupakan kata kerja yang mengandung kata 'adalah' atau 'merupakan'.

3. Kata kerja relasional kepemilikan.

Kata kerja relasional kepemilikan yaitu verba yang mengandung kata 'mempunyai' atau 'memiliki'.

 

Magang: Agung Pradana Putra