Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia terdapat suatu kata nonformal yang sering ditemukan di sebuah karya tulis, seperti novel, puisi, pantun, bahkan sampai lirik lagu. Kata tersebut seringkali disebut dengan kata kiasan.

Kata kiasan seringkali ditemukan dalam sejumlah kalimat umum yang sifatnya tidak formal. Kata kiasan adalah sebuah kata yang biasanya dipakai untuk menekankan satu makna pesan dengan menggunakan perumpamaan, baik benda hidup ataupun benda mati.

Penjelasan diatas adalah gambaran singkat tentang kiasan. Supaya dapat memahami dengan jelas serta tidak salah untuk mengartikan, berikut ini adalah penjelasan tentang kiasan yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (5/12).

Pengertian kiasan

Kata kiasan istimewa

foto: pexels.com

Secara umum kiasan merupakan serangkaian kata yang tidak formal atau bukan dalam arti kata yang sebenarnya, yang digunakan untuk memberi rasa keindahan dan penekanan pada suatu kalimat atau ungkapan terhadap hal yang disampaikan.

Pengertian lain dari kiasan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kiasan dapat diartikan sebagai pertimbangan tentang suatu hal dengan perbandingan atau persamaan dengan hal yang lain. Selain itu, kata kiasan adalah kata yang juga berarti perumpamaan, ibarat, lambang, sindiran, bahkan pelajaran.

Sedangkan, menurut Sayuti (2010: 195), bahasa kiasan (kias) merupakan jenis ungkapan yang bermakna lain dengan makna harfiahnya, yang bisa berupa kata, frase, ataupun satuan sintaksis yang lebih luas.

Fungsi kiasan

1. Kiasan dapat digunakan untuk memperindah suatu karya sastra, seperti puisi, novel, pantun, dan lain sebagainya.

2. Kiasan dapat digunakan untuk memberi penekanan menggambarkan sebuah emosi yang memiliki makna tertentu.

3. Kiasan dapat digunakan untuk memberi kesan romantis ataupun menggambarkan situasi tertentu.

4. Kiasan juga digunakan untuk memberi gambaran dengan memperbandingkan, mengumpamakan, ataupun mengibaratkan benda mati seperti tampak hidup.

5. Kiasan dapat digunakan untuk membangkitkan suasana tertentu.

6. Kiasan sebagai alat untuk menghidupkan gambaran.