Brilio.net - Dalam pelajaran bahasa Indonesia terdapat berbagai macam unsur atau pola yang dapat membentuk suatu kalimat hingga menjadi suatu paragraf. Pola-pola dan unsur tersebut dapat menjadikan sebuah frasa serta kata menjadi sebuah kalimat yang dipakai untuk menyampaikan suatu ungkapan atau gagasan seseorang. Jenis-jenis kalimat bahasa Indonesia juga bermacam-macam. Salah satunya adalah kalimat analogi.

Kalimat analogi dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai suatu yang berisi perumpamaan, persamaan, atau persesuaian. Kalimat analogi juga mempunyai jenis serta ciri-cirinya sendiri. Sebelum mengenal tentang apa itu kalimat analogi lebih dalam, alangkah baiknya untuk mempelajarinya dari awal agar tidak kebingungan. Berikut ini adalah penjelasan tentang kalimat analogi yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (30/11).

25 Contoh kalimat analogi bahasa Indonesia beserta ciri-cirinya pexels.com

foto: pexels.com

Pengertian kalimat analogi.

Kalimat analogi secara umum merupakan suatu persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan. Dalam ilmu linguistik, analogi merupakan hasil pembentukan unsur bahasa karena pengaruh pola lain dalam bahasa. Contohnya yakni terbentuknya konstruksi neonisasi karena sudah adanya pola yang ada dalam konstruksi mekanisasi. Namun beberapa ahli juga mendefinisikan tentang kalimat analogi secara berbeda-beda.

1. Pengertian kalimat analogi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kalimat analogi merupakan atau dapat diartikan sebagai adanya persamaan atau persesuaian antara dua hal atau benda atau bentuk yang berlainan.

2. Pengertian kalimat analogi menurut Syarkawi Dhofir.

Analogi merupakan sebuah kesimpulan dari hasil percobaan yang satu dan percobaan yang lainnya yang menjadi sebuah usaha anologi.

3. Pengertian kalimat analogi menurut Ferdinand de Saussure.

Dalam bukunya Course de Linguistique Generale Ferdinand de Saussure menyatakan bahwa analogi adalah bentuk peniruan dari satu bentuk menjadi bentuk lainnya dengan syarat bentuk tiruan tersebut harus sama dan sesuai dengan yang ditirunya.

4. Pengertian kalimat analogi menurut Dr. Ibrahim Anis.

Menurut Dr. Ibrahim Anis, yang dimaksud analogi adalah mengubah bentuk suatu hal atau suatu benda dari yang tidak diketahui dengan yang diketahuinya.

5. Pengertian kalimat analogi menurut Mundiri.

Analogi merupakan bentuk fenomena menuju fenomena yang lainnya yang memiliki jenis yang sama, dan nantinya kedua fenomena tersebut akan menjadi sebuah kesimpulan yang di inginkan.

6. Pengertian kalimat analogi menurut Louis Kattsef.

Analogi merupakan sebuah bentuk usaha untuk mencapai kesimpulan dengan menggantikan dengan apa yang kita coba dengan sesuatu yang serupa dengan hal tersebut. Namun nantinya akan ada sebuah kesimpulan yang akan menjadi jawaban antara percobaan pertama dan kedua.

 


Magang: Agung Pradana Putra