Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia, terdapat berbagai jenis kata maupun kalimat yang menarik untuk dipelajari. Dengan mempelajari serta mengetahui jenis kata dan kalimat tersebut, seseorang akan lebih mudah menyusun sebuah tulisan sesuai dengan kaidah kebahasaan yang benar.

Salah satu kata yang penting untuk diketahui serta dipelajari adalah kata verba. Verba dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Terdapat berbagai macam jenis verba, salah satunya adalah verba material.

Verba material menjadi suatu komponen penting dalam melakukan komunikasi terhadap seseorang. Oleh karena itu, verba jenis ini menjadi suatu hal yang penting dipahami serta dipelajari dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan tentang verba material yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (28/11).

Contoh kalimat verba material berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian verba material.

Verba material merupakan kata yang berfungsi untuk menunjukkan aktivitas atau perbuatan nyata yang dilakukan oleh partisipan, dikutip dari buku Super Mudah Pahami Bahasa Indonesia Matematika Ipa SD/MI Kelas 4 oleh Dewi Pramita Sari.

Sedangkan menurut Emi Fauziati dalam jurnal Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Opini/Editorial Melalui Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan Model Project-Based-Learning pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 3 Semester 2 SMA Negeri 1 Paguyangan Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 (2018), verba material merupakan jenis verba yang menunjukkan perbuatan fisik oleh seseorang atau sebuah peristiwa.

Secara umum verba material dapat diartikan sebagai dapat disimpulkan bahwa verba material adalah kata yang merujuk pada suatu tindakan fisik untuk menunjukkan adanya perbuatan nyata yang dilakukan oleh orang atau sesuatu. Verba jenis ini seringkali ditemukan dalam teks bahasa Indonesia, seperti teks sejarah atau prosedur kompleks. Biasanya, kata ini dibentuk dari kata benda.

Verba material juga bisa digunakan untuk menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Verba ini termasuk ke dalam kelas kata yang mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik terhadap kelas kata lain. Rumus verba material adalah (Subjek + Verba Material + Objek)

 

Magang: Agung Pradana Putra