Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia memang mempunyai beranekaragam jenis kalimat, salah satunya adalah kalimat majemuk. Kalimat yang sering digunakan untuk menulis suatu karya tulis ini memang tidak ada habisnya untuk dipelajari. Kalimat majemuk memiliki empat jenis kalimat yang berbeda. Mulai dari kalimat majemuk bertingkat sampai kalimat majemuk setara.

Kalimat majemuk setara adalah salah satu dari empat jenis kalimat majemuk yang sangat penting untuk dipelajari bagi seorang penulis maupun pembaca. Kalimat majemuk setara ini biasa digunakan untuk menyatakan suatu kalimat mengenai pertentangan atau perlawanan.

Supaya tidak kebingungan tentang materi kalimat majemuk setara, alangkah baiknya mengetahui apa pengertian, jenis, ciri-ciri, serta contoh dari kalimat majemuk setara terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasan tentang kalimat majemuk setara yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (22/11).

kalimat majemuk setara © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Pengertian kalimat majemuk setara

Kalimat majemuk setara menurut KBBI adalah kalimat yang terjadi dari dua klausa atau lebih yang hubungan antar klausanya koordinatif. Menurut Kurshartanti dalam buku Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik (2005). Sementara itu, menurut E. Kosasih dalam buku Tata Bahasa dan Sastra Indonesia, kalimat majemuk setara adalah kalimat yang hubungan antara unsur-unsurnya bersifat setara atau sederajat.

Dalam pengetahuan umum kalimat majemuk setara terdiri dari lebih dari satu klausa yang memiliki hubungan setara. Konjungsi atau kata penghubung yang sering digunakan dalam kalimat majemuk ini adalah konjungsi koordinatif, seperti dan, atau, tetapi, sedangkan, lalu, dan kemudian.

Ciri-ciri kalimat majemuk setara

Kalimat majemuk setara tentunya mempunyai beberapa ciri khusus agar dapat dibedakan dengan kalimat majemuk lainya. Berikut adalah ciri-ciri kalimat majemuk setara.

1. Kalimat majemuk setara terdiri dari klausa-klausa yang memiliki hubungan setara

2. Kalimat majemuk setara menggunakan konjungsi koordinatif seperti dan, atau, tetapi, lalu

3. Klausa yang terkandung di dalam kalimat majemuk setara memiliki hubungan yang koordinatif