Brilio.net - Salah satu pelajaran yang menjadi wajib bagi siswa SD sampai SMA adalah bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini mempelajari seputar teori dan tata bahasa dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, beragam teori kesusastraan Indonesia juga dipelajari. Nah, salah satu materi yang dipelajari adalah kata baku dalam kosakata bahasa Indonesia.

Kata baku adalah kata yang dianggap sebagai bentuk yang benar dan telah diakui oleh lembaga bahasa resmi. Kata baku digunakan dalam situasi formal dan memiliki standar ejaan, bentuk, dan arti yang ditetapkan.

Buat kamu yang sedang mencari contoh soal kata baku, kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (7/11), ini dia 20 contoh soal kata baku, pengertian, pembahasan dan trik mudah mengerjakannya.

Pengertian Kata Baku

Contoh soal kata baku freepik.com

Contoh soal kata baku
freepik.com

Secara singkat, kata baku adalah kata yang dianggap benar menurut kaidah ejaan dan tata bahasa yang ditetapkan oleh lembaga resmi, seperti lembaga bahasa dalam suatu negara. Kata baku ditulis dan diucapkan sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam bahasa tertentu.