Brilio.net - Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang menarik dipelajari. Salah satu materi yang wajib diajarkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah tentang dialog. Dialog adalah sebuah bentuk komunikasi yang melibatkan percakapan antara dua orang atau lebih, baik secara lisan maupun tulisan.

Dialog bisa ditemukan dalam berbagai jenis karya sastra, seperti drama, cerita pendek, novel, dan lain-lain. Dialog juga bisa digunakan sebagai cara untuk berbagi informasi, gagasan, pendapat, dan kebenaran antara para peserta dialog. Dialog memiliki beberapa ciri, syarat, manfaat, dan unsur yang perlu dipahami agar bisa berdialog dengan baik.

Nah, pada artikel kali ini brilio.net akan mengulik seputar contoh dialog bahasa Indonesia 2 orang. Contoh dialog bahasa Indonesia 2 orang ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuat contoh dialog bahasa Indonesia sendiri maupun untuk melatih kemampuan berkomunikasi yang baik.

Tetapi sebelum menelusuri contoh dialog bahasa Indonesia 2 orang, kamu perlu memahami ciri-ciri, syarat, maupun cara memulai dialog itu sendiri. Yuk, simak contoh dialog bahasa Indonesia 2 orang, beserta pengertian, ciri, dan cara menulis yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/11)

Ciri-ciri dialog yang baik.

contoh dialog bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Dialog yang baik adalah dialog yang memenuhi beberapa ciri, syarat, dan aturan yang telah ditetapkan. Adapun ciri-ciri dialog sebagai berikut:

1. Dialog melibatkan dua tokoh atau lebih, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam percakapan tersebut.

2. Dialog ada tanya jawab di antara tokoh-tokoh yang terlibat dalam dialog.

3. Dialog bisa dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.

4. Dialog membahas suatu topik yang relevan dan menarik.

5. Dialog berbicara menggunakan bahasa yang sama dan mudah dimengerti.

6. Dialog saling mendengarkan dan menghormati pendapat orang lain.