Untuk dana yang didapatkan, warga sekitar menerima donatur dari seluruh Indonesia, melalui postingan di media sosial. Untuk tiap donasi yang terkumpul benar-benar dikelola sepenuhnya untuk pembangunan masjid dan selalu ada laporan yang dibagikan melalui media sosial.

"Pembuatan masjid ini dilakukan karena jarak masjid dari sini lumayan jauh, terkadang jika mau sholat maghrib atau subuh sering tergesa-gesa," ujarnya

Saat itu warga yang hendak salat berjamaah berada di lokasi bank sampah, namun tempat yang tidak memadahi, kurang bersih, dan terbilang kurang suci. Sehingga, diinisiasilah pembangunan masjid tersebut. "Saya berharap masjid Ash Shirath sebagai tempat wisata religi yang ada di Kota Magelang selain Gunung Tidar," ujarnya.

Keunikan dari bangunan masjid ini memang layak jika dijadikan sebagai tempat wisata religi. Menurut Sugiyo, dulu saat masjid ini awal selesai pembangunan banyak warga sekitar hingga luar wilayah yang mengunjungi masjid unik tersebut. Namun, saat pandemi Covid-19, masjid tersebut sepi pengunjung.

Yuk buat kamu yang ingin berwisata religi, coba kunjungi masjid Ash Shirath tersebut, karena masjid ini benar-benar mirip dengan Ka'bah yang ada di Makkah. Kamu bisa menikmatinya dengan melakukan ibadah atau ingin mengabadikan momen dengan berswafoto di sana.

 

Reporter: mg/Nabila Arkania