Brilio.net - Magelang memiliki banyak spot tempat wisata religi yang wajib didatangi. Sebagian sudah banyak yang terkenal, seperti wisata Gunung Tidar dan makam-makam leluhur yang selalu ramai didatangi oleh warga sekitar hingga warga luar daerah. 

Namun, kali ini ada sebuah masjid unik yang berada di Kampung Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan. Masjid tersebut bernama Ash Shirath. 

Masjid ini unik karena bentuknya yang menyerupai Kabah yang berada di Mekah. Masjid ini dibangun 27 Oktober 2019 di atas tanah wakaf. Masjid unik ini memiliki ukuran bangunan 6x7,5 meter dengan tinggi 5,30 meter dan lebar 6,8 meter.

Bangunan masjid tersebut memiliki ukiran kaligrafi dengan kalimat Asmaulhusna berwarna emas yang mengelilingi bangunan. Salah satu sisi temboknya juga ada lafaz kalimat syahadat dengan latar tembok berwarna hitam legam. 

Masjid berbentuk Kabah © 2023 brilio.net

foto: Nabila Arkania

Masjid tersebut makin lengkap berbentuk Kabah karena ada Hajar Aswad buatan yang terletak di pojok timur bangunanan masjid. "Untuk membangun masjid ini, membutuhkan anggaran dana mencapai 450 juta. Dana tersebut didapatkan dari swadaya masyarakat setempat dan mencari donatur dari luar," ujar Sugiyo salah satu perangkat desa di Kampung Tidar Campur ketika ditemui brilio.net, Senin (3/4).