Brilio.net - Real Masjid merupakan sebuah masjid yang terletak di Kabupaten Sleman yang memiliki bangunan sederhana, tetapi berusaha menebar manfaat yang luas. Setiap harinya Real Masjid terus berupaya meningkatkan kesejahteraan jamaah dan masyarakat sekitar melalui program-program sosial yang bermanfaat.

“Real Masjid itu diartikan real (sesungguhnya) masjid itu bukan hanya tempat untuk salat, baca Alquran, dan dzikir saja. Tidak sebatas itu, karena pada zaman Rasulullah masjid itu menjadi mercusuar peradaban, artinya mengatur siasat dilakukan di masjid, membangun perekonomian juga tidak jauh-jauh dari masjid,” jelas Aziz, pengurus Real Masjid, Senin (3/4).

Tidak seperti masjid pada umumnya, Real Masjid memiliki bentuk bangunan yang tidak berbentuk seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah ataupun menara. Bangunan ini berbentuk seperti aula, dilengkapi sajadah dan pembatas jamaah laki-laki dengan perempuan.

Maklum saja, dulunya ini bangunan toko Rumah Warna, kemudian tokonya di pindahkan ke bangunan kecil di sebelahnya. “Karena Masjid itu tidaklah harus bangunannya berbentuk seperti masjid, tetapi kalau bangunannya itu dipergunakan untuk sholat berjamaah 5 waktu, di situ dikumandangkan adzan 5 waktu maka itu diperbolehkan menjadi masjid,” jelasnya.

Real Masjid Jogja Facebook

foto: Facebook/Ikhsan Muttaqin

“Jadi kami menomorsekiankan bangunan, artinya bangunan itu belakangan yang paling penting adalah fasilitas dan program, karena itu yang utama. Tapi InsyaAllah dua atau tiga tahun ke depan akan membuat bangunan yang estetik gitulah,” katanya.