Brilio.net - Masih ingatkah kamu masjid berbentuk kabah yang ramai dibahas di media sosial? Masjid itu berada di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid tersebut memiliki bentuk menyerupai kabah yang ada di Mekkah. Masjid tersebut diberi nama Jami Nurul Huda.

Nah, ternyata nggak cuma di Bandung saja yang punya masjid dengan konsep bangunan yang unik. Di daerah lain seperti Subang dan Makassar juga punya masjid yang sama. Tak hanya itu, di daerah Bubutan, Surabaya, juga memiliki masjid berbentuk kabah dengan gayanya sendiri.

Potret masjid tersebut dibagikan oleh akun TikTok @fendikban_ pada tahun 2022 lalu. Masjid ini berdiri di tengah gang yang berada di sebuah kampung di Surabaya. Sang pemilik akun TikTok mengajak followers-nya untuk melihat penampakan dalam masjid tersebut.

masjid bentuk kabah surabaya © TikTok

foto: TikTok/@fendikban_

Masjid ini terletak di jalan Kalibutuh Timur, Gang Lebar 65, Bubutan, Surabaya. Masjid tersebut diberi nama Rahmatan lil'Alamin yang artinya dalam Al Quran adalah Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam.