Brilio.net - Masjid Raya Baiturrahman berkubah hitam adalah satu dari sekian banyak masjid megah yang ada di Indonesia. Terletak di ujung barat peta, masjid ini merupakan salah satu bangunan yang selamat dari dahsyatnya amukan gempa dan tsunami Aceh tahun 2004.

Tapi, tahukah kamu ternyata masjid ini punya kembaran di Bantul, DIY? Tak hanya gaya arsitektur bangunannya yang mirip, sejarah pembangunan masjid ini juga berkaitan erat dengan masyarakat Aceh di Yogya. 

Masjid kembaran Masjid Raya Aceh © 2023 brilio.net

foto: Twitter/@jelajah bantul

Kembaran Masjid Raya Baiturrahman Aceh ini terletak di jalan ringroad selatan Pedukuhan Pluragan, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul. Dari luar masjid ini terlihat mencolok dan menarik perhatian karena kubah hitam dan menara masjidnya yang tinggi.

Ketua Takmir Miniatur Masjid Baiturrahman Aceh, Sukardi menuturkan, masjid ini dibangun atas dasar balas budi masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) kepada masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Ceritanya dulu itu mereka (orang Aceh) yang tinggal lama di Yogya merasa berutang budi pada masyarakat Yogya. Karena pada saat tsunami (di Aceh) orang-orang Jogja datang membantu termasuk Sultan yang juga ke sana," ujarnya ditemui usai salat magrib, Selasa (28/3).