Brilio.net - Smartphone high-end sekarang harganya memang banyak yang jauh dari kantong. Fitur canggihnya memang menggiurkan. Scrolling lancar, gaming ngebut, dan tentunya mau berfoto ria hasilnya pasti jernih. Bukan sekadar gadget, HP memang sekarang jadi kebutuhan pokok bagi banyak orang.

Membeli smartphone idaman juga nggak bisa sembarangan. Perlu pertimbangan matang dari sisi kebutuhan, budget, dan kegunaan. Untuk urusan budget, bisa mempertimbangkan opsi kredit. Apalagi jika memang smartphone tersebut sangat dibutuhkan atau urgen.

Seperti kredit pada umumnya, ada risiko untuk finansial. Parahnya, gegara tidak bisa mengatur keuangan, kredit jadi macet. Tentunya, dompet bisa kelabakan jika hal ini tidak dipikirkan dengan matang.

Lalu bagaimana cara bijak dan aman untuk mengajukan kredit HP? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/4) berikut ulasannya.

istimewa istimewa

foto: istimewa

1. Pastikan cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan.

Pada dasarnya, baik membeli HP secara tunai atau kredit tetap harus menyesuaikan harganya dengan kondisi keuangan. Jangan sampai membeli HP dengan harga terlampau mahal karena pasti akan memberi beban terlalu berat bagi keuangan. 

Dalam konteks kredit HP, pastikan jika beban cicilannya nanti tak lebih dari 30 persen gaji tiap bulan. Misalnya, dengan gaji 5 juta, jangan pernah mengajukan kredit HP jika cicilannya melebihi 1,5 juta.

Pun jika telah memiliki beban angsuran dari aktivitas kredit lain, misalnya sebesar 1 juta, limit cicilan kredit HP yang boleh Anda ajukan hanya 500 ribu saja. Dengan begitu, beban cicilan tetap berada di ambang batas kemampuan keuangan yang disarankan dan tetap mampu memenuhi kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya. 

2. Pilah kreditur yang tawarkan kredit HP termurah

Setelah memastikan cicilannya mampu dijangkau keuangan, juga perlu memilah layanan kredit yang menyediakan produk HP termurah, atau setidaknya memiliki harga bersaing. Di tengah persaingan industri smartphone yang begitu pesat saat ini, ada baiknya untuk mensurvei lebih dulu kreditur HP mana yang menawarkan produk dengan harga paling murah. Sebab, walaupun brand dan tipe produknya sama, bukan tidak mungkin harga yang ditawarkan berbeda sehingga perlu dibandingkan sebelum mengajukan kredit HP.

3. Gunakan Platform Kredit Online

Memasuki era digital, saat ini hampir segala layanan tersedia secara online, termasuk kredit HP. Banyak platform kredit online yang menawarkan layanan cicilan smartphone dengan beragam keuntungan, seperti bunga nol persen, tanpa DP, dan lain sebagainya. Yang perlu digarisbawahi, ketika memanfaatkan platform kredit online, pastikan dulu legalitas dan kredibilitasnya dengan mengecek status terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

4. Ajukan saat Promo

Cara bijak mengajukan kredit HP yang lainnya adalah mencari promo yang bisa digunakan. Guna menarik minat pembeli, tidak sedikit toko HP yang menawarkan beragam promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga bundle produk. Tentunya, hal ini bisa sangat menguntungkan jika digunakan dengan bijak dan menyesuaikan kebutuhan saat membeli HP.

5. Ketahui Besaran Bunga yang Dibebankan

Ketika mengajukan kredit, apa pun produknya, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah terkait besaran bunganya. Pasalnya, semakin besar tingkat bunga yang dibebankan, nominal cicilan yang harus dibayarkan juga menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, agar tak berisiko mengacaukan keuangan. ketahui berapa besaran bunga dari kredit HP yang akan diajukan dan pastikan tak terlalu besar membengkakkan nominal cicilannya.

6. Cari Tahu Nominal Denda Keterlambatan

Tak hanya soal bunga, denda keterlambatan juga penting diperhatikan saat berencana mengajukan kredit. Denda keterlambatan sendiri adalah sanksi atau penalti berupa penambahan biaya cicilan ketika nasabah terlambat melunasinya. Besarannya pun beragam tergantung kebijakan penyedia layanan kredit HP, sehingga pastikan untuk memilih kreditur dengan nominal denda keterlambatan yang wajar.

7. Jangan Pernah Terlambat Bayar Cicilannya

Tips yang terakhir, agar terhindar dari risiko denda keterlambatan dan sanksi lainnya, usahakan untuk selalu membayar cicilan kredit HP tepat waktu. Sebaiknya, tanggungan kredit ini perlu dijadikan prioritas keuangan agar bisa selalu dilunasi tanpa terlambat. Oleh sebab itu, agar tak sampai kelabakan, pastikan besaran cicilan kredit yang ditanggung keuangan di bawah 30 persen gaji bulanan. 

Asal Bijak Diajukan, Kredit HP Mampu Beri Banyak Manfaat dan Keuntungan

Banyak orang enggan dan takut mengajukan kredit HP lantaran harus membayar beban cicilan hingga lunas dan terbebani bunga. Padahal, jika diajukan dengan bijak dan tujuan yang jelas, seperti menggunakannya untuk kebutuhan kerja dan menopang produktivitas, pengajuan kredit HP bisa memberi banyak manfaat dan keuntungan. Nah, agar langkah ini tak menjadi bumerang yang malah mengacaukan keuangan, pastikan untuk mengikuti 7 cara bijak mengajukan kredit HP di atas, ya!