Brilio.net - Manusia memang tidak lepas dari kesalahan, karena itu apabila melakukan suatu kesalahan kepada orang lain, alangkah baiknya untuk meminta maaf. Permintaan maaf dapat dilakukan secara langsung maupun dalam bentuk pesan teks. Untuk menyampaikan ungkapan maaf tentunya harus mengetahui tata cara serta penulisannya dengan tepat, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Kalimat permintaan maaf dalam bahasa Inggris dikenal dengan kalimat apologize. Kalimat apologize juga mempunyai strukturnya sendiri yang digunakan untuk menyampaikan permintaan maaf. Berikut ini adalah penjelasan tentang kalimat apologize yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/12).

Pengertian apologize

Kalimat apologize merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam permintaan maaf. Permintaan maaf ini pada umumnya digunakan ketika kita berbuat sesuatu (kesalahan) yang membuat seseorang tidak nyaman atau tidak senang.

Struktur apologize

Dalam menyampaikan kalimat apologize, alangkah untuk menggunakan struktur yang baik seperti dengan memberikan alasan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Berikut ini adalah struktur untuk menyampaikan kalimat apologize:

1. (I am sorry that + verb)
2. (I am sorry for + gerund/verb+ing)
3. (Asking for forgiveness + Reason + Promise)

Fungsi kalimat apologize

Dalam bahasa Inggris kalimat apologize mempunyai tiga fungsi, berikut ini adalah fungsi kalimat apologize:

1. Kalimat apologize digunakan sebagai pembelaan dalam pidato atau penulisan formal.

2. Kalimat apologize sebagai tawaran permintaan maaf atau alasan untuk beberapa kesalahan, penghinaan, kegagalan atau luka.

3. Kalimat apologize digunakan untuk meminta maaf atas kesalahan yang dibuat, sehingga mengakibatkan seseorang tidak merasa nyaman atau tidak bahagia.