Brilio.net - Pendidikan Agama Islam atau yang sering disingkat (PAI) merupakan salah satu pelajaran yang kerap ditemui di bangku sekolah. Mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Menurut Muhaimin (2003), Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu bagian dari pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, yaitu upaya mengajarkan agama Islam atau ajaran Islam dan nilai-nilainya, agar menjadi way of life (pandangan dan sikap hidup) seseorang. Dalam pengertian ini dapat berwujud:

(1) Segenap kegiatan yang dilakukan seseorang untuk membantu seorang atau sekelompok dalam menanamkan atau menumbuh kembangkan ajaran Islam dan nilai-nilainya untuk dijadikan sebagai pandangan hidupnya, yang diwujudkan dalam sikap hidup dan dikembangkan dalam keterampilan hidupnya sehari-hari;

(2) Segenap fenomena atau perjumpaan antara dua orang atau lebih yang dampaknya ialah tertanamnya dan atau tumbuh kembangnya ajaran Islam dan nilai-nilainya pada salah satu atau beberapa pihak.

Dengan adanya pemberian mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman anak mengenai agama Islam. Dengan begitu, menjadikan manusia yang muslim beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dan dalam kehidupan pribadinya, bermasyarakat, dan bernegara.

Adapun materi mata pelajaran PAI yang didapatkan di kelas 10, sebagai berikut :

BAB 1 (Aku selalu dekat dengan Allah SWT)
BAB 2 (Berbusana muslim dan muslimah merupakan cermin)
BAB 3 (Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kehidupan)
BAB 4 (Al- Quran dan Hadits adalah pedoman hidupku)
BAB 5 (Meneladani perjuangan dakwah Rasulullah saw di Mekah)
BAB 6 (Meniti hidup dengan kemuliaan)
BAB 7 (Malaikat selalu bersamaku)
BAB 8 (Hikmah ibadah Haji, Zakat, dan Wakaf dalam kehidupan)
BAB 9 (Meneladani perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah)
BAB 10 (Nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan)
BAB 11 (Menjaga martabat manusia dengan menjauhi pergaulan)

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasannya terkait contoh soal PAI kelas 10 dan kunci jawabannya. Semua telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (18/10).

 

 

 

 

Mgg: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI