Brilio.net - Syariat adalah ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT dan dijelaskan oleh rasul-Nya mengenai pengaturan semua aspek kehidupan manusia dalam upaya mencapai kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.

Ketentuan syariat terbatas dalam firman Allah dan sabda rasul agar segala ketentuan hukum yang terkandung dalam syariat tersebut bisa diamalkan oleh manusia, maka manusia harus bisa memahami segala ketentuan yang dikehendaki oleh Allah SWT yang terdapat dalam syariat tersebut.

Secara bahasa, syariat berarti jalan yang dilalui oleh umat manusia untuk menuju kepada Allah SWT. Islam tidak hanya sebuah agama yang mengajarkan bagaimana menjalankan ibadah kepada Tuhannya saja, nemun juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), syariat adalah hukum agama yang menetapkan peraturan hidup manusia, hidup manusia dengan Allah SWT, serta hubungan manusia dengan manusia dan alam sekitarnya berdasarkan Al-Quran dan hadits.

Nah untuk memahami lebih rinci mengenai syariat, berikut brilo.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (5/9).