Tata cara sholat tahajud

Manfaat sholat tahajud lengkap dengan niatnya © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

1. Niat

Seperti halnya sholat pada umumnya, sholat tahajud juga memerlukan niat yang ikhlas dalam hati untuk melaksanakannya.

Adapun niat sholat tahajud sebagai berikut:

"Usalli sunnatat tahajjudi rak'ataini lillahi ta'ala"

Artinya: "Saya berniat sholat sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah SWT."

Niat tersebut menunjukkan bahwa seseorang berniat untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud sebanyak dua rakaat dan dilakukan karena Allah SWT semata. Niat adalah salah satu unsur penting dalam sholat, karena dengan niat yang ikhlas, sholat yang dilaksanakan akan menjadi lebih bermakna dan bernilai ibadah.

2. Berwudhu

Sebelum melaksanakan sholat tahajud, hendaknya berwudhu terlebih dahulu agar suci dan bersih.

3. Memilih waktu yang tepat

Sholat tahajud dilaksanakan di waktu malam setelah tidur, antara waktu sholat isya dan waktu subuh. Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir sebelum waktu subuh.

4. Melaksanakan sholat tahajud

Sholat tahajud terdiri dari 2 rakaat, dengan masing-masing rakaat terdiri dari empat tahap: takbiratul ihram, membaca surah Al-Fatihah dan surah pendek lainnya, ruku, dan sujud. Setelah selesai rakaat pertama, dilakukan salam sementara untuk menandakan akhir rakaat pertama, kemudian dilanjutkan dengan rakaat kedua dengan pola yang sama.

5. Dzikir dan Doa

Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud, dianjurkan untuk melakukan dzikir dan doa kepada Allah SWT.

Beberapa hadis tentang sholat tahajud yang patut diperhatikan antara lain:

Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Barangsiapa yang shalat malam dengan sepuluh ayat, tidak dicatat sebagai orang yang lalai dari Allah SWT pada malam tersebut.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Sholat tahajud adalah sholat yang paling afdhal sesudah sholat wajib, dan tidur setelah sholat wajib sampai terbit fajar adalah tanda kebaikan.’” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Janganlah engkau tinggalkan sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelummu, dan sholat malam itu mendekatkan dirimu kepada Tuhanmu, membersihkan dosa-dosamu, menghindarkan dari penyakit, dan menyeretmu menuju surga.’” (HR. Tirmidzi)