Brilio.net - Menjalankan ibadah kepada Allah SWT adalah kewajiban setiap muslim. Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan setelah bangun tidur. Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan salat sunnah ini karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Secara etimologi, kata "tahajud" berasal dari bahasa Arab yang berarti "bangun dari tidur". Sholat tahajud sangat dianjurkan bagi muslim karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan dalam kehidupan spiritual dan dunia.

Menurut para ulama, sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur di waktu antara sholat isya hingga waktu subuh. Sholat tahajud dapat dilakukan secara berjamaah atau secara individu, namun lebih dianjurkan untuk dilakukan secara individu.

foto: Pexels.com 

Sholat tahajud memiliki beberapa rukun dan tata cara yang berbeda dengan sholat fardhu, namun secara umum terdiri dari dua rakaat dan disunnahkan untuk dilakukan setelah selesai dua rakaat salam pertama, kemudian dilanjutkan dengan dua rakaat salam terakhir.

Para ulama juga menekankan pentingnya niat dan keikhlasan dalam melaksanakan sholat tahajud. Sholat tahajud tidak hanya menjadi sarana untuk memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT, tetapi juga sebagai sarana untuk memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah, serta memperkuat keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk senantiasa mengamalkan sholat tahajud dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Lantas seperti apa manfaat sholat tahajud ini? brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada, Kamis (16/3).