11 Manfaat sholat tahajud.

Manfaat sholat tahajud lengkap dengan niatnya © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

1. Mendapatkan keberkahan dan ridho Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, 'Siapa yang berdoa kepada-Ku, pasti akan Kuperkenankan; siapa yang meminta sesuatu kepada-Ku, pasti akan Kuberikan; siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, pasti akan Kuberi ampunan'" (HR. Bukhari)

2. Menjaga kesehatan mental dan spiritual.

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat malam itu membuat badan sehat, hati menjadi bersih, dan dosa-dosa terhapus" (HR. Ibnu Majah)

3. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat malam itu membuat engkau lebih dekat kepada Tuhanmu, membuat hatimu lebih jernih, dan menjauhkanmu dari dosa" (HR. Tirmidzi)

4. Menumbuhkan rasa syukur dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang sholat tahajud selama satu malam penuh dengan ikhlas karena Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni, dan hatinya akan dipenuhi dengan rasa syukur. Kemudian, dia akan diberi rasa aman dan dilindungi oleh Allah SWT, dan tidak akan merasa takut pada hari kiamat" (HR. At-Tirmidzi)

5. Membantu mengatasi stres dan kecemasan.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang sholat tahajud selama tiga malam, maka Allah SWT akan menghilangkan rasa takut dan kecemasannya" (HR. Abu Daud)

6. Memperbaiki kualitas tidur dan menjaga kesehatan fisik.

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat malam itu menghilangkan rasa lelah, membuat tubuh segar, dan memperbaiki kualitas tidur" (HR. Muslim)

7. Menambah pahala dan meraih keutamaan di hadapan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang sholat tahajud dengan sepenuh hati selama satu malam, maka pahalanya sama dengan pahala sholat selama seratus tahun di tempat lain" (HR. Muslim)

8. Membantu memperbaiki diri dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat malam itu memperbaiki akhlak, menjauhkan diri dari perbuatan dosa, dan membuat hati lebih tunduk kepada Allah SWT" (HR. At-Tirmidzi)

9. Memperkuat hubungan dengan keluarga dan lingkungan sekitar.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang sholat tahajud dan kemudian membangunkan istri atau keluarganya untuk sholat tahajud bersama, maka Allah SWT akan mencatat baginya pahala seperti pahala mereka yang sholat tanpa mengurangi pahala mereka" (HR. Muslim)

10. Memberikan ketenangan dan kebahagiaan di hati.

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat malam itu membuat hati tenang, memberikan kebahagiaan, dan meningkatkan kualitas hidup" (HR. Ahmad)

11. Memperoleh ilmu dan hikmah dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT membuka pintu-pintu ilmu pada malam hari, dan orang yang shalat tahajud akan mendapatkan hikmah dan ilmu yang tidak didapatkan oleh orang lain" (HR. Abu Daud)

Dari hadits-hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa sholat tahajud memiliki banyak manfaat bagi kehidupan spiritual dan fisik seseorang. Selain mendapatkan keberkahan dan ridho Allah SWT, sholat tahajud juga membantu memperbaiki diri, memperkuat hubungan dengan keluarga dan lingkungan sekitar, serta memberikan ketenangan dan kebahagiaan di hati. Oleh karena itu, hendaknya kita senantiasa berusaha untuk melaksanakan sholat tahajud secara rutin dan dengan ikhlas demi meraih manfaat-manfaat tersebut.