Brilio.net - China memiliki kalender tersendiri yang berbeda dari kalender masehi. Nggak heran kalau setiap tahun, warga keturunan Tiongkok selalu merayakan tahun baru versi Tiongkok. Perayaan tahun baru pada kalender China disebut dengan Imlek. Bukan hanya di China saja, perayaan Imlek juga dilakukan di seluruh dunia lho, termasuk di Indonesia.

Dalam rangka merayakan tahun baru Imlek, ada banyak yang harus dipersiapkan. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah outfit yang tepat untuk menyambut perayaan tersebut. Nah, buat kamu yang akan merayakan Imlek, sudahkah menentukan akan berpakaian seperti apa?

Kalau kamu masih kamu masih bingung dalam memilih outfit, yuk simak 10 gaya berpakaian wanita yang cocok untuk rayakan Imlek berikut ini.

1. Blouse merah

Salah satu gaya berpakaian yang bisa kamu gunakan saat merayakan imlek adalah dengan menggunakan blouse. Gaya berpakaian ini cocok untuk kamu yang ingin tampil formal saat merayakan Imlek. Meskipun terkesan simple, namun gaya berpakaian blouse ini akan membuat kesan formal sekaligus kasual saat kamu pakai lho.

Agar suasana Imlek juga semakin terasa, kamu bisa menggunakan blouse warna merah. Imlek memang selalu identik dengan warna merah, sehingga gaya berpakaian blouse merah bisa jadi referensi saat kamu ingin merayakan Imlek. Kombinasikan blouse merah dengan jenis bawahan lain, seperti celana atau rok, ya!

Busana Imlek untuk Wanita © 2024 brilio.net

foto: shutterstock.com

2. Dress batik

Selain baju yang bernuansa merah, kamu juga bisa mencoba motif baju lainnya, nih. Salah satunya mengenakan dress batik wanita. Jenis dress ini dianggap cocok dengan Imlek karena identik oleh banyaknya ornament di perayaan tersebut.

Agar gaya berpakaian ini semakin menyatu dengan suasana Imlek, kamu juga bisa menggunakan dress batik warna merah lho. Selain itu, kamu bisa menggunakan gaya rambut khas perayaan Imlek untuk menunjang penampilan.

3. Jumpsuit

Kalau kamu ingin terlihat santai tapi tetap trendy, berpakaian jumpsuit bisa jadi pilihan untuk merayakan Imlek. Meskipun terkesan santai, namun jumpsuit bisa jadi pilihan outfit yang membuat penampilanmu terlihat semakin cantik. Kamu hanya perlu memilih jumpsuit berwarna merah untuk membuat penampilanmu sesuai dengan tema Imlek.

Agar penampilan terlihat lebih trendy, kamu juga bisa menambahkan aksesoris lainnya yang mendukung. Salah satu aksesoris yang bisa kamu gunakan adalah ikat pinggang atau sepatu heels dengan warna yang senada lho.

Busana Imlek untuk Wanita © 2024 brilio.net

foto: shutterstock.com

4. Cheongsam

Warga keturunan Tiongkok pasti sudah nggak asing dengan Cheongsam. Cheongsam dikenal sebagai pakaian tradisional Tiongkok yang mampu memberikan kesan cantik dan elegan seperti putri dari kerajaan Tiongkok. Gaya berpakaian ini terasa sangat pas dan cocok jika kamu gunakan untuk merayakan Tiongkok bersama orang terdekat.

Sebagai salah satu baju tradisional khas Tiongkok, tentu Cheongsam memiliki beberapa ciri khas. Beberapa ciri khas dari busana Cheongsam adalah mempunyai kerah tinggi, bagian sisi kanan yang lebih terbuka, dan model yang pas dengan bentuk tubuh. Meskipun baju Cheongsam sudah banyak dimodifikasi, namun pakaian ini tetap mempertahankan ciri khas yang dimiliki, lho.

5. Blazer

Perayaan Imlek nggak hanya dilakukan di rumah saja, melainkan juga bisa di acara formal seperti kantor. Jika kamu menghadiri perayaan Imlek dengan nuansa formal, maka gaya berpakaian menggunakan blazer bisa jadi pilihan yang tepat. Outfit blazer akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kesan formal saat menghadiri perayaan Imlek.

Kamu bisa menggunakan blazer warna merah dengan motif atau polos lho. Penggunaan blazer warna merah sangat pas dikombinasikan dengan celana hitam atau warna merah. Perpaduan outfit ini terasa pas jika digunakan untuk menambah kesan profesional saat merayakan Imlek di kantor atau acara formal lainnya.

6. Kebaya

Ada berbagai gaya berpakaian wanita yang bisa kamu coba untuk merayakan Imlek. Jika kamu ingin yang unik dan berbeda, busana kebaya bisa jadi pilihan. Meskipun terkesan nggak nyambung, namun gaya busana ini tetap bisa digunakan untuk merayakan perayaan Imlek. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi? Mungkin, banyak orang bertanya-tanya mengenai hal ini.

Seperti yang sudah diketahui, Imlek memang identik dengan barang atau ornamen berwarna merah. Selain itu, perayaan Imlek juga identik dengan motif naga atau harimau dalam perayaannya. Nah, kamu juga bisa memilih kebaya dengan motif dan warna serupa untuk digunakan sebagai outfit yang tepat saat menyambut perayaan Imlek lho.

Busana Imlek untuk Wanita © 2024 brilio.net

foto: shutterstock.com

7. Tang Suit

Tang Suit adalah baju tradisional khas Tiongkok yang juga memiliki motif menarik lho. Baju tradisional ini bisa digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Dalam baju Tang Suit ini, terdapat motif gambar naga yang membuatnya terlihat semakin menarik saat digunakan dan cocok untuk perayaan Imlek lho.

Bagi para wanita, kamu juga bisa menggunakan Tang Suit saat perayaan Imlek dengan tetap terlihat fashionable. Salah satu gaya busana yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan atasan oversized dengan high west sebagai detail. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bawahan celana wide leg yang mampu membuat penampilan terlihat menarik dan kekinian.

8. Hanbok

Salah satu gaya busana wanita yang bisa kamu coba saat Imlek adalah dengan menggunakan hanbok. Pakaian tradisional khas Korea Selatan ini memang sudah cukup sering digunakan sebagai outfit saat menghadiri perayaan Imlek lho. Jika kamu ingin tampil beda, maka hanbok ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Tambahkan aksesoris lainnya yang akan menambah penampilan kamu terlihat menarik saat menggunakan hanbok ini, misalnya dengan memakai hiasan rambut khas Korea.

9. Kemeja Warna Emas

Ada beragam model pakaian yang bisa kamu gunakan untuk Imlek. Namun, banyak orang yang memilih menggunakan pakaian warna merah untuk perayaan Imlek lho. Padahal, kamu juga bisa menggunakan kemeja warna emas sebagai outfit saat merayakan tahun baru Tiongkok ini.

Pasalnya, kemeja warna emas ini melambangkan keberuntungan bagi seseorang. Gunakan kemeja warna emas dengan motif naga untuk merayakan Imlek dengan optimal.

10. Atasan Brukat

Rekomendasi gaya berpakaian wanita untuk rayakan Imlek lainnya adalah atasan brukat. Jenis pakaian model brokat memang memberikan kesan elegan saat digunakan, nggak heran kalau jenis pakaian ini cocok digunakan untuk menghadiri perayaan Imlek. Pilihlah atasan brukat warna merah atau emas.

Nah, itu dia 10 gaya berpakaian wanita yang cocok untuk rayakan Imlek. Wah, ternyata ada banyak jenis gaya pakaian atau atasan wanita yang bisa kamu gunakan saat Imlek, ya! Jangan lupa untuk memilih gaya berbusana mana yang paling sesuai dengan bentuk tubuh dan keinginan. Pastikan untuk memilih outfit yang nyaman digunakan dan kekinian saat hadir di perayaan Imlek, ya!