Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

Brilio.net - Piala Dunia 2022 akan segera tiba dan mereka akan menampilkan banyak bintang yang memesona di pertunjukan musim dingin di Qatar. Nama-nama seperti Jude Bellingham, Vinicius Junior, Pedri, serta Jamal Musala adalah beberapa pemain muda terpilih yang akan mencicipi megahnya panggung Piala Dunia dengan membela negara mereka masing-masing.

Piala Dunia pada setiap edisinya memang sering melahirkan talenta muda. Kamu mungkin pernah menyaksikan nama-nama seperti Michael Owen, Paul Pogba dan Thomas Muller, dan Kylian Mbappe yang mampu tampil baik di Piala Dunia pertamanya di umur remaja.

Namun, Kira-kira siapa ya pemain sepak bola termuda yang pernah bermain di Piala Dunia? Dirangkum brilio.net pada Kamis (10/11) dari berbagai sumber, berikut adalah lima pemain termuda yang pernah bermain di turnamen Piala Dunia.

1. Norman Whiteside (Irlandia Utara).

Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

foto: Twitter/@FTalentScout

Usia: 17 tahun 40 hari
Pertandingan: Piala Dunia 1982; Irlandia Utara vs. Yugoslavia

Norman Whiteside adalah seorang pemain muda yang merumput di Manchester United. Dirinya sempat bermain dengan seniornya George Best di klub Setan Merah.

Di klub tersebut, Whiteside mampu memecahkan rekor dengan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah klub pada musim 1981. Uniknya, baru dua kali bermain, musim sudah berakhir. Kemudian, pelatih timnas Irlandia Utara saat itu, Billy Bingham memanggil striker itu ke dalam skuad Piala Dunia 1982 Irlandia Utara.

Whiteside bermain saat pertandingan Irlandia Utara vs Yugoslavia pada tanggal 17 Juni 1982. Meski kedudukan sama kuat 0-0, dirinya tetap mencetak rekor sebagai pemain paling muda yang pernah main di Piala Dunia. Selain itu, Whiteside mencetak rekor lainnya dengan menjadi pemain paling muda yang terkena kartu kuning di Piala Dunia.

2. Samuel Eto'o (Kamerun).

Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

foto: Twitter/@Mukesh_Suufiy

Usia: 17 tahun 98 hari
Pertandingan: Piala Dunia 1998; Kamerun vs Italia

Pada hari yang sama persis dengan Whiteside melakukan debutnya (17 Juni), 16 tahun kemudian, Samuel Eto'o membuat debut Piala Dunia-nya dalam kekalahan 3-0 untuk Kamerun dari Italia. Eto'o menjadi salah satu pemain termuda dalam sejarah Piala Dunia.

Di pertandingan tersebut, Eto'o tampil selama 24 menit. Namun kelak, pada tahun-tahun selanjutnya Eto'o akan menjelma menjadi penggawa inti dari The Indomitable Lions. Bersama timnas Kamerun, dirinya banyak mendapatkan gelar seperti juara Piala Afrika, pemain terbaik Afrika, dan masuk ke daftar pencetak gol terbanyak di timnas Kamerun.

3. Femi Opabunmi (Nigeria).

Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

foto: Twitter/@BBCSport

Usia: 17 tahun 100 hari
Pertandingan: Piala Dunia 2002; Nigeria vs Inggris

Piala Dunia 2002 memang jadi turnamen yang mengecewakan bagi timnas Nigeria. Dua pertandingan awal mereka harus kandas oleh Argentina dan Swedia. Mereka pun langsung tersingkir dari babak grup. Namun hasil imbang 0-0 di pertandingan terakhir mereka pada 12 Juni 2002 melawan Inggris, membuat Femi Opabunmi menjadi pemain termuda ketiga dalam sejarah Piala Dunia.

Pemain sayap itu terpilih untuk dimainkan pada laga tersebut. Dirinya dipanggil timnas senior dan dibawa ke Piala Dunia berkat penampilan luar biasanya di Piala Dunia U-17. Opabunmi mencetak hattrick melawan Australia. Di kejuaraan dunia level junior itu, dirinya menerima penghargaan bola perunggu sebagai pemain terbaik ketiga di turnamen.

4. Salomon Olemb (Kamerun).

Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

foto: Twitter/@FecafootOfficie

Usia: 17 tahun 184 hari
Pertandingan: Piala Dunia 1998; Kamerun vs. Austria

Enam hari sebelum Eto'o membuat debutnya, pada tanggal 11 Juni 1998, Salomon Olemb telah menjadi pemain termuda kedua bagi timnas Kamerun sekaligus di Piala Dunia edisi tersebut. Olemb sudah dipanggil timnas Kamerun sejak setahun sebelumnya saat berusia 16 tahun.

Salomon Olemb melakukan debut di Stadion Wembley, ketika Kamerun melakukan pertandingan uji coba melawan Inggris.

5. Pele (Brasil).

Daftar pemain termuda yang main di Piala Dunia, Pele langsung juara

foto: Twitter/@hfworld_

Usia: 17 tahun 234 hari
Pertandingan: Piala Dunia 1958; Brasil vs Uni Soviet

Pele adalah daftar terakhir dari deretan pemain termuda yang pernah main di Piala Dunia. Istimewanya, Pele langsung juara Piala Dunia bersama tim sambo Brasil. Ketika berangkat ke Swedia, Pele diragukan untuk masuk skuad karena masih mengalami cedera lutut.

Namun dirinya berhasil pulih dengan cepat. Pada pertandingan Brasil vs Uni Soviet pada tanggal 15 Juni 1958, adalah laga pertamanya di Piala Dunia. Sejak saat itu, Pele kembali dimainkan termasuk ketika Brasil berhasil menaklukkan Prancis di semifinal. Pele membuat semua penonton saat itu terkagum-kagum dengan berhasil mencetak trigol di laga tersebut.

Hal tersebut sekaligus membuat Pele menjadi pemain paling muda yang berhasil mencetak hattrick di Piala Dunia sepanjang sejarah. Ketika Brasil berhasil menembus final, Pele kembali beraksi dengan mencetak dua gol untuk kemenangan Brasil 5-2 atas Swedia.


(brl/lin)