3 Kali masuk final Piala Dunia, negara ini disebut juara tanpa mahkota

3 Kali masuk final Piala Dunia, negara ini disebut juara tanpa mahkota

Brilio.net - Salah satu kekuatan sepak bola di Eropa bahkan di dunia adalah Belanda. Negara yang akrab dengan kincir angin dan bendungannya ini merupakan negeri tempat para talenta sepak bola berbakat dilahirkan. Tak hanya pemain hebat, pemikiran-pemikiran mengenai filosofi, taktik, dan sistem bermain dalam sepak bola juga banyak lahir di negeri ini.

Belanda juga punya ekosistem sepak bola yang mapan. Kompetisi antar klub mereka berjalan dari mulai level amatir sampai yang paling elit di Eredivisie. Hasilnya, Belanda punya timnas yang diisi oleh pemain-pemain yang mampu tampil tangguh menghadapi tim lain yang lebih kuat.

Namun sayangnya, kemajuan sepak bola Belanda tidak diiringi dengan prestasi yang mereka raih. Tercatat, Timnas Belanda hanya berhasil meraih juara Piala Eropa pada 1988 di Jerman. Hanya itu satu-satunya gelar juara yang berhasil dikoleksi dalam lemari piala mereka.

3 Kali masuk final Piala Dunia, negara ini disebut juara tanpa mahkota

foto: Twitter/@gasipo_opinions

Timnas Belanda juga jarang absen di Piala Dunia. Di turnamen akbar empat tahunan itu, Belanda hanya absen sebelas kali dari 22 edisi Piala Dunia. Torehannya pun tidak jelek-jelek amat. Belanda berhasil tampil di partai final sebanyak tiga kali, juara 3 sekali, dan peringkat keempat sekali. Artinya De Oranje sudah pernah tiga kali juara Piala Dunia.

Seperti terkena sial atau faktor lainnya, Belanda selalu antiklimaks ketika melakoni Piala Dunia di setiap edisi yang diikutinya.

(brl/far)