Atlet veteran, daftar pemain tertua di Piala Dunia dari masa ke masa

Atlet veteran, daftar pemain tertua di Piala Dunia dari masa ke masa

Brilio.net - Piala Dunia merupakan turnamen dengan menampilkan berbagai pemain yang berasal dari berbagai generasi. Turnamen sepak bola antarnegara ini tidak memandang umur, melainkan kemampuan sang pemain yang dinilai ketika berlaga di lapangan.

Sepanjang sejarah digelarnya Piala Dunia sejak 1930, berbagai macam pemain dengan usia paling muda sudah pernah berlaga di turnamen ini. Meskipun umurnya belia, mereka mampu menunjukkan bahwa mereka layak tampil di pesta bola 4 tahunan ini.

Selain itu, ada pula pemain yang usianya cukup senior yang juga berlaga di Piala Dunia. Biasanya, pemain-pemain tersebut adalah kapten tim atau mereka yang baru menemukan permainan terbaiknya justru saat usianya sudah menginjak senja.

Nah, kira-kira siapa saja ya pemain Piala Dunia yang punya usia tertua dari masa ke masa? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (3/11) berikut ini daftarnya.

Essam El-Hadary (45 tahun, 161 hari)

25 Juni 2018, Mesir vs Arab Saudi

Atlet veteran, daftar pemain tertua di Piala Dunia dari masa ke masa

foto: Twitter/@Football__Tweet

Kiper Timnas Mesir ini punya sekali-kalinya pengalaman tampil dalam megahnya Piala Dunia. Mesir pertama kali lolos pada Piala Dunia 2018. Pada turnamen yang diselenggarakan di Rusia itu, sayangnya Mesir gagal meraih hasil positif dan gagal melaju ke fase selanjutnya.

Setelah mengalami dua kekalahan beruntun, Mesir harus menjalani pertandingan pamungkas di babak grup melawan Arab Saudi. Di pertandingan inilah akhirnya Essam El-Hadary yang tadinya kiper cadangan dimainkan sebagai starter. Dirinya mencatatkan diri sebagai pemain tertua dengan usia 45 tahun, 161 hari.

Salah satu momen kerennya kala itu, Essam El-Hadary berhasil menepis tendangan penalti pemain Arab Saudi. Hal tersebut jadi rekor tersendiri buatnya sebagai kiper Afrika pertama yang berhasil menepis tendangan penalti di Piala Dunia.

Faryd Mondragon (43 tahun, 3 hari)

24 Juni 2014, Kolombia vs. Jepang

Atlet veteran, daftar pemain tertua di Piala Dunia dari masa ke masa

foto: Twitter/@Squawka

Pada Piala Dunia 2014, Timnas Kolombia sudah dipastikan melaju ke babak selanjutnya ketika berhasil meraih hasil positif di dua laga sebelumnya. Pertandingan terakhir Kolombia vs Jepang tak akan berdampak apa pun pada tim ini. Akhirnya, Timnas Kolombia banyak memainkan banyak pemain cadangan mereka untuk diberi kesempatan berlaga di Piala Dunia.

Pelatih Kolombia saat itu, Jos Pkerman mengizinkan Faryd Mondragn masuk menggantikan kiper utama ketika waktu pertandingan sudah lima menit tersisa. Faryd Mondragn menjadi pemain tertua di Dunia saat itu.

Roger Milla (42 tahun, 39 hari)

12 Juni 1994, Kamerun vs Rusia

Atlet veteran, daftar pemain tertua di Piala Dunia dari masa ke masa

foto: Twitter/@q2022wc

Legenda sepak bola Kamerun ini merupakan salah satu pemain Piala Dunia yang cukup disorot pada eranya. Ia adalah striker yang berhasil memenangkan duel melawan si kiper nyeleneh bergaya kalajengking asal Kolombia bernama Rene Higuita.

Pada pertandingan Piala Dunia 1994, Roger Milla mencatatkan dirinya masuk ke daftar pemain tertua yang pernah main di Piala Dunia. Di pertandingan Kamerun vs Rusia, wakil Afrika itu harus puas dengan kekalahan 1-6 oleh tim beruang merah.

Satu-satunya gol yang berhasil dicetak oleh kamerun saat itu pun berhasil dilakukan oleh Milla.

(brl/tin)