Brilio.net - Perbedaan pendapat, agama, suku atau yang lainnya kerap kali menjadi pemicu perselisihan banyak orang di era seperti sekarang. Banyak yang beranggapan bahwa orang-orang yang bukan dari golongannya adalah orang yang salah dan keliru, sehingga harus diperlakukan tidak semestinya.

Namun cerita berbeda dari salah seorang perempuan muslim di Washington, Amerika Serikat bernama Noor Azwaz. Melalui akun media sosialnya, Rabu (3/8), Noor menceritakan bagaimana seorang ayah dengan dua anaknya di sebuah restoran mengajarkan bagaimana pentingnya menghargai perbedaan kepada sesama manusia.

BACA JUGA:  Anak berbakti, rela bawa bapaknya yang sakit tinggal di asrama kampus

Noor menuturkan kala itu ia sedang berada di sebuah restoran. Di restoran tersebut duduklah di depannya seorang ayah memakai kemeja biru dengan ke dua anak perempuannya. Mereka duduk menunggu pesanannya tiba sembari sang anak terus bertanya tentang apa saja yang mereka ingin ketahui pada ayahnya. Tetapi tiba-tiba Noor dibuat tercengang oleh sebuah pertanyaan salah satu anak kecil tersebut.

anak bertanya © 2016  Noor Wazwaz

Loading...

"Ayah, mengapa dia mengenakan itu (hijab) di kepalanya?" tanya gadis tersebut kepada ayahnya sembari memperhatikan penampilan Noor Azwaz yang memakai hijab. Ayahnya terdiam sejenak dan anak perempuannya yang lain juga menanyakan hal yang sama.

Tak berselang lama, Noor melihat ayah tersebut menjawab pertanyaan anaknya dengan jawaban yang begitu mengharukan. Ayah tersebut berkata, "Di dunia ini ada beberapa agama, suku dan bahasa. Kita harus menghargai perbedaan tersebut dan belajar tentang banyak perbedaan tersebut," kata ayah tersebut kepada anaknya.

BACA JUGA:  Bocah 8 tahun ini donorkan sumsum tulang untuk ayahnya yang sakit

Tak sampai di situ, sang ayah kemudian mencontohkan pengalaman pribadinya saat berada di luar negeri kepada kedua putrinya. Ia juga beberapa kali mengajarkan beberapa bahasa Spanyol, untuk menujukkan bahwa betapa di dunia ini tidak hanya diisi oleh orang yang sama dengan mereka.

"Pesan moral cerita ini adalah bagaimana kamu mengajarkan tentang cinta, perdamaian, pengertian dan rasa hormat kepada anak-anak kecil sejak usia dini. Karena seorang anak akan selalu mendengar dan melihat bagaimana orangtua bertingkah laku. Oleh sebab itu, orang tua merupakan role model utama untuk karakter anak-anaknya," kata Noor Azwaz dalam cerita di akun media sosialnya tersebut.