1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Ngakak
Irwan Khoiruddin 17 Mei 2017 22:05

Pria ini ciptakan inovasi kocak kampanye hemat air, ternyata efektif

Karya unik sekaligus bukti peduli lingkungan.

Brilio.net - Mandi menggunakan air hangat memang menyegarkan, saking asyiknya bahkan seseorang sering menghabiskan lebih banyak air daripada yang ia butuhkan untuk mandi. Tentu saja ini akan menjadi kebiasaan yang tidak baik, karena prilaku boros dalam penggunaan air.

Untuk menyadarkan kepedulian lingkungan agar orang menghemat air pun beragam. Elisabeth Buecher salah seorang seniman instalasi berbasis material tekstil, juga punya cara yang kocak untuk ambil peran dalam kampanye hemat air tersebut. Pria ini meniciptakan inovasi sekaligus karya seni tirai shower ramah lingkungan yang disebut My Shower is a Green Warrior.

"Tirai ini tidak benar-benar untuk pemasaran tapi bertujuan memancing perdebatan seputar masalah air. "Jika Anda tidak ingin terjebak, Anda harus keluar sebelum terkena paku-paku karet itu maka hentikan kerusakan lingkungan (dengan menggunakan air secara berlebihan)," ujar Elizabeth seperti dikutip brilio.net dari laman Metro, Rabu (17/5).

My Shower is a Green Warrior sudah sejak dua tahun lalu dikerjakan Elisabeth. Inovasinya itu kembali ramai dibicarakan pengguna media sosial usai akun humor 9gag mengunggahnya pada Selasa (16/5). Lalu seperti apa cara kerja tirai ini? Simak foto-foto di bawah:

 

1. Awalnya tirai ini berfungsi seperti tirai kamar mandi seperti biasanya.


foto: Buecher/shutterstock

 

2. Namun saat orang sering boros menggunakan air, seperti bernyanyi dalam kamar mandi.


foto: Buecher/shutterstock

 

3. Paku-paku plastik tirai ini akan berdiri dan menyerang orang yang mandi, agar segera menyudahi mandinya.


foto: Buecher/shutterstock

 

4. Tirai ini memberi waktu hanya 4 menit untuk setiap orang yang mandi.


foto: Buecher/shutterstock

 

5. Setelah lebih dari 4 menit maka dengan blower yang sudah tersambung, akan menyala dan membuat tirai berdiri dengan udara dari belakangnya.


foto: Buecher/shutterstock


(brl/nng)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?