Brilio.net - Supaya hidup tak terasa membosankan, seseorang biasanya memilih bergaul dengan teman yang memiliki rasa humor yang tinggi. Hal ini dikarenakan, orang lucu biasanya dapat dengan mudah menghidupkan suasana, ataupun menghibur seseorang yang sedang bersedih.

Untuk menghasilkan lelucon yang bisa membuat orang lain tertawa, biasanya seseorang akan menggunakan bahasa-bahasa lucu. Nggak hanya dengan bahasa Indonesia, kamu bisa juga memakai bahasa daerah untuk membuat kata-kata lucu. Selain menghibur, kata-kata lucu ini juga bisa memperlihatkan kepribadianmu yang humoris lho.

Nah kamu bisa mencoba gunakan kata-kata lucu dari bahasa Sunda nih. Sebab, berbagai bahasa daerah biasanya memiliki arti unik yang masing-masing punya kekhasan pengucapannya, termasuk bahasa Sunda. Apabila kamu tidak memiliki darah Sunda, kamu bisa mencermati artinya kok. Bukan hanya lontaran ejekan, kata-kata lucu bahasa Sunda ini juga bisa terkait soal kehidupan, cinta, dan sebagainya.

Nah berikut 40 Kata-kata lucu bahasa Sunda dan artinya yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (5/10).

Kata-kata lucu bahasa Sunda tentang kehidupan

kata bahasa sunda istimewa

foto: pinterst.com

1. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan."

Artinya: Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

2. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

3. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat."

Artinya: Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

4. "Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok."

Artinya: Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.

5. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah."

Artinya: Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.

6. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

Artinya: Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.

7. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang"

Artinya: Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.

8. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

Artinya: Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja"

9. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu dipigawean"

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

10. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a serta ditutup ku rasa sukur."

Artinya: Hidup ini harus diawali dengan do'a dan ditutup dengna rasa syukur.

11. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit"

Artinya: Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.

12. "Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek."

Artinya: Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat bahagia atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah.

13. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir."

Artinya: Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.

14. "Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna."

Artinya: Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.

15. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

Artinya: Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.

Kata-kata lucu bahasa Sunda tentang cinta

kata bahasa sunda istimewa

foto: pinterest.com - sapawarga.com

16. "Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat"

Artinya: Terkadang kalau cinta sudah melekat, tai kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.

17. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro"

Artinya: Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.

18. "Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho"

Artinya: Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa"

19. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu."

Artinya: Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.

20. "Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas"

Artinya: Aku jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.

21. "Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur"

Artinya: Lebih baik menjomblo terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin orang lain.

22. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh."

Artinya: Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.

23. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan."

Artinya: Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.

24. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan."

Artinya: Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.

25. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun."

Artinya: Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang

26. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia."

Artinya : Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.

27. "Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona."

Artinya: Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang.

28. "Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil)."

Artinya: Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang ngikutin terus.

29. "Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet."

Artinya: Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet.

30. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan."

Artinya: Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.

Kata-kata lucu bahasa Sunda untuk update status media sosial

kata bahasa sunda istimewa

foto: pinterest.com

31. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

Artinya: Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.

32. "Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos."

Artinya: Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.

33. "Hampura pulsa maneh teu mahi keur ningali foto uing."

Artinya: Maaf pulsa kamu tidak cukup untuk melihat foto saya.

34. "Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we"

Artinya: Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja"

35. "Mun aya nu neangan urang, bejakeun: teangan we urang di Google"

Artinya: Kalau ada yang nyariin aku, kasih tahu: cari aja aku di Google.

36. "Ah ayeuna mah moal update status di Facebook teh bisi loba nu ngomen."

Artinya: Ah hari ini nggak update status di Facebook takut banyak yang komen.

37. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah."

Artinya: Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang"

38. "Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku guru 'kunaon ai maneh kabeurangan?' Bejakeun weh: 'lalakon mah datangna pandeuri.'"

Artinya: Kalau berangkat sekolah kesiangan terus ditanya guru: 'kenapa datang kesiangan?' Jawab saja: 'di mana-mana jagoan datangnya belakangan.'

39. "Nu acan update status hujan badag sok gera update status bisai kaburu raat."

Artinya: Yang belum update status ujan deras buruan update keburu reda.

40. "Ngopi heula atuh lur ngameh ngaburicak matana"

Artinya: ngopi dulu, biar matanya melek

41. "Mulai sekaran, abdi mau nambulan semen biar strong"

Artinya: "Mulai sekarang aku mau ngemil semen biar kuat."

42. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar."

Artinya: Sahabat adalah dia yang suka meminjamkan uang namun tidak pernah mau dibayar.

43. "Mun aya nanaon di Bandung, bejakeun weh minantuna Kang Bahar, kituh"

Artinya: Kalau ada apa-apa di Bandung, bilang saja kalau kamu itu menantunya Kang Bahar, gitu.

44. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

Artinya: Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.

45. "Tetap menawan senajan ulin kaditu, ulin kadieu tanpa pasangan."

Artinya: Tetap menawan meskipun main kesana, main kesini tanpa pasangan.

46. "Urang tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr."

Artinya: Aku tanpamu, bagaikan nasi kuning hilang karetnya, ambyarrr.

47. "Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujudmuringkel jiga bulu kelek."

Artinya: Hidup ini simpel, jangan dibikin rumit dan keriting kaya bulu ketek.

48. "Lamun aya nu nanya, urang keur naon? Bajakeun, urang keur lieur."

Artinya: Jika ada yang bertanya, aku lagi ngapain? Bilang saja, aku lagi pusing.

49. "Mun boga kabogoh babari ambek, tangkeup tuluy ceulina harewosan: Ari sia turunan Angry Birds."

Artinya: Kalu punya pacar yang cepet marah, peluk terus bisikin ke kupingnya: Kamu itu keturunan Angry Birds.

50. "Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg."

Artinya: Orang baik sekarang langka, seperti gas LPG 3 Kg.

51. "Ayeuna uing keur teu hayang ngomong jeung api-api poho ingetan."

Artinya: Sekarang aku lagi nggak mau ngomong dan pura-pura hilang ingatan.

52. "Maneh mah sedih mun maca buku novel tragedi, kuring mah sedih mun maca buku tabungan."

Artinya: Kamu tuh sedih pas baca buku novel tragedi, kalau aku sedih pas baca buku tabungan aku.

53. "Moal ceurik ku cinta, kalem weh da kuring mah incu Betmen."

Artinya: Ga akan nangis karena cinta, tenang aja karena aku cucunya Betmen.

54. "Sakumaha berat na pagawean, bakal lewih hampang lamun teu di gawean."

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

55. "CLBK = Coba Lamun Boga Kabogoh."

Artinya: CLBK = Coba Kalau Punya Pacar.

Kata-kata lucu sok bijak bahasa Sunda.

 Kata-kata lucu bahasa Sunda © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sunda_santuy_id

56. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira."

Artinya: Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu.

57. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana."

Artinya: Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya.

58. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor."

Artinya: Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda.

59. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh."

Artinya: Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.

60. "Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!"

Artinya: Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup.

61. "Gusti moal sare."

Artinya: Tuhan tidak pernah tidur.

62. "Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi."

Artinya: Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga.

63. "Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih."

Artinya: Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut.

64. "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh."

Artinya: Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.

65. "Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit."

Artinya: Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit.

66. "Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga cokelat."

Artinya: Terkadang kalau cinta sudah melekat, tahi kucing pun terasa nikmat ibarat cokelat.

67. "Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh."

Artinya: Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu.

68. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna."

Artinya: Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya.

69. "Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang."

Artinya: Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak memmpunyai makanan sama sekali.

70. "Bobot pangayun timbang taraju."

Artinya: Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

71. "Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana."

Artinya: Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya.

72. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana."

Artinya: Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya.

73. "Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok."

Artinya: Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur.

74. "Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing."

Artinya: Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam.

75. "Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng."

Artinya: Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai, daripada hal-hal yang abadi.

76. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh."

Artinya: Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana.

77. "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina."

Artinya: Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa.

78. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

79. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean."

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

80. "Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan."

Artinya: Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan)

Kata-kata lucu sindiran bahasa Sunda.

 Kata-kata lucu bahasa Sunda © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@walagri1

81. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar."

Artinya: Teman ialah dia yang suka meminjam uang dan tidak dibayar.

82. "Ari sia ngomong teh baleg bro bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing."

Artinya: Kamu ngomong yang bener bro, nanti di cuci mukamu pakai coca cola sama saya.

83. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

84. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

Artinya: Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.

85. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

Artinya: Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.

86. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh."

Artinya: Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.

87. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun."

Artinya: Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.

88. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah."

Artinya: Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.

89. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah."

Artinya: Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.

90. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit."

Artinya: Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.

91. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu."

Artinya: Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.

92. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan."

Artinya: Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.

93. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan."

Artinya: Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.

94. "Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera."

Artinya: Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti.

95. "Jangan suka ngomongin batur euy lamun maneh nggak bisa ngelakuin sesuatu yang leuwih alus mah."

Artinya: Jangan suka ngomongin orang kalau kamu nggak bisa ngelakuin sesuatu yang lebih baik.

96. "Ai maneh, ngapload foto sakitu lobana tapi beungeutna kitu-kitu keneh. Biar apa?"

Artinya: Kamu tuh, nge-upload foto segitu banyaknya tapi mukanya gitu-gitu aja. Biar apa?

97. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna."

Artinya: Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya.

98. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak."

Artinya: Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja.

99. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

Artinya: Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.

100. "Entong kaduhung naon anu ngajantenkeun anjeun seuri."

Artinya: Jangan pernah menyesali yang membuatmu tersenyum.

101. "Sadayana gaduh kaendahan, tapi teu sadaya jelema tiasa ningali."

Artinya: Segala sesuatu memiliki keindahan, tetapi tidak semua orang bisa melihat.

(brl/pep)

(brl/pep)