Brilio.net - Bahasa Sunda jadi salah satu bahasa populer di Tanah Air. Bahasa ini kerap dijumpai digunakan oleh masyarakat Jawa Barat. Sebagian besar orang punya aksen unik saat mengucapkan bahasa Sunda. Nggak heran ketika mendengar orang Sunda bicara, meski tidak tahu artinya tapi bisa bikin orang lain senyum.

Namun tak sedikit juga bukan berasal dari Jawa Barat tapi tahu artinya. Salah satunya karena bahasa ini sering diucapkan di televisi. Bahasa Sunda juga kerap dilontarkan oleh sederet selebriti Indonesia. Karena banyak artis yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Jadi bahasa ini sudah tak asing lagi di telinga.

Di era modern saat ini, bahasa daerah ternyata kerap dijadikan status media sosial. Pada akun Facebook (FB) misalnya. Nah, kebanyakan bahasa Sunda yang sering dipakai ialah Sunda lucu. Jadi selain untuk eksis di dunia maya, warganet juga bisa sekalian menghibur orang lain. Bukan tanpa alasan, karena banyak orang suka hal-hal nuansa humor.

Selain untuk status medsos, kamu bisa mengirimkan langsung kepada orang lain. Menghibur orang lain, bisa sekaligus menambah pahala. Berikut deretan kalimat bahasa Sunda, bisa dijadikan status FB seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/5).

Kata-kata status FB lucu bahasa Sunda paling keren.

Loading...

status FB bahasa Sunda instagram

foto: Instagram/@bacotansunda_

Bagi orang Jawa Barat, bahasa ini sangat biasa. Tapi bagi yang lainnya, bahasa Sunda punya keunikan tersendiri.

1. "Ah ayeuna mah moal update status di Facebook teh bisi loba nu ngomen.” (Ah hari ini enggak update status di Facebook takut banyak yang komen)

2. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia." (Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu0

3. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh." (Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja)

4. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu." (Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu)

5. "Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur." (Lebih baik menjomblo terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin orang lain)

6. "Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil)." (Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang ngikutin terus).

7. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat." (Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat)

8. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan." (Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli)

9. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan." (Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan)

10. "Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek." (Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihatbagian atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah)

11. "Mulai sekaran, abdi mau nambulan semen biar strong." (Mulai sekarang aku mau ngemil semen biar kuat)

12. "Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet." (Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet)

13. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor." (Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda)

14. "Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas." (Aku jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas)

15. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar." (Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris)

16. "Hampura moal bisa males inbox dekah keur sare." (Maaf enggak bisa bales inbox lagi tidur)

17. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah." (Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang)

18. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro." (Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris)

19. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh." (Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan)

20. "Hese mah tong kabawa hees." (Susah itu jangan dibawa tidur)

Kata-kata status FB lucu bahasa Sunda paling mengena.

status FB bahasa Sunda instagram

foto: Instagram/@funatik__

Kata-kata lucu bahasa Sunda ada banyak jenisnya. Semua jenis itu akan membuatmu terhibur seharian.

21. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu." (Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini)

22. "Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera." (Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti)

23. "Hampura pulsa maneh teu mahi keur ningali foto uing." (Maaf pulsa kamu tidak cukup untuk melihat foto saya)

24. "Ngopi heula atuh lur ngameh ngaburicak matana." (Ngopi dulu, biar matanya melek)

25. "Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona." (Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang)

26. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang." (Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang)

27. "Mun aya nanaon di Bandung, bejakeun weh minantuna Kang Bahar, kituh." (Kalau ada apa-apa di Bandung, bilang saja kalau kamu itu menantunya Kang Bahar, gitu

28. "Cinta aa ka neng moal leungit-leungit sanajan aa geus kawin deui." (Cinta abang sama neng enggak akan hilang walau abang sudah kawin lagi)

29. "Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik." (Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek)

30. "Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos." (Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit)

31. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan." (Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan)

32. "Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we." (Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja)

33. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah." (Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah)

34. "Nu acan update status hujan badag sok gera update status bisai kaburu raat." (Yang belum update status ujan deras buruan update keburu reda)

35. "Bro, ari sia ngomong teh baleg, bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing." (Bro, kalau kamu ngomong yang bener, nanti mukamu dicuci pakai coca-cola sama saya)

36. "Sabar bro, rejeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah sok nyalip dina kenca." (Sabar bro, rejeki itu selalu ngikutin. Cuma kadang kesusahan suka nyalip dari sebelah kiri)

37. "Nginjem kabogoh lah sapoe we atuh, hayang malam mingguan." (Pinjem pacar satu hari, pengen malam mingguan)

38. "Mun aya nu neangan urang, bejakeun: teangan we urang di google." (kalau ada yang nyariin aku, kasih tau : cari aja aku di google)

39. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena sendiri. Lihatlah bulan, dia juga sendiri tapi dia masih memberi cahaya)

40. "Hirup mah ulah loba gaya, namung kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya, tapi harus banyak duit)

Kata-kata status FB lucu bahasa Sunda bikin harimu terhibur.

status FB bahasa Sunda instagram

foto: pixabay.com

Kelucuan bahasa Sunda ini nggak kalah dari Jawa lho. Hari-harimu akan lebih berwarna dengan membaca deretan status lucu ini.

41. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar." (Temen adalah dia yang suka meminjam uang dan nggak dibayar)

42. "CLBK = Coba Lamun Boga Kabogoh." (CLBK = Coba Kalau Punya Pacar)

43. "Tong nanya iraha kawin, engkeh gek apal lamun abdi ngulem." (Jangan tanya kapan nikah, nanti juga tahu kalau saya undang)

44. "Masalah mah tong diperpanjang, da lain STNK." (Masalah itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK)

45. "Tetap menawan senajan ulin kaditu, ulin kadieu tanpa pasangan." (Tetap menawan meskipun main kesana, main kesini tanpa pasangan)

46. "Ngahaja teu mandi, biar terlihat cantik alami." (Sengaja nggak mandi, biar kelihatan cantik alami)

47. "Ceuk Umi kudu loba sabar, ulah loba salto." (Kata Umi harus banyak sabar, jangan banyak salto)

48. "Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol." (Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol)

49. "Urang tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr." (Aku tanpamu, bagaikan nasi kuning hilang karetnya, ambyarrr)

50. "Mun boga kabogoh babari ambek, tangkeup tuluy ceulina harewosan: Ari sia turunan Angry Birds." (Kalu punya pacar yang cepet marah, peluk terus bisikin ke kupingnya: Kamu itu keturunan Angry Birds)

51. "Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujudmuringkel jiga bulu kelek." (Hidup ini simpel, jangan dibikin rumit dan keriting kaya bulu ketek)

52. "Lamun aya nu nanya, urang keur naon? Bajakeun, urang keur lieur." (Jika ada yang bertanya, aku lagi ngapain? Bilang saja, aku lagi pusing)

53. "Ayeuna uing keur teu hayang ngomong jeung api-api poho ingetan." (Sekarang aku lagi nggak mau ngomong dan pura-pura hilang ingatan)

54. "Moal ceurik ku cinta, kalem weh da kuring mah incu Betmen." (Ga akan nangis karena cinta, tenang aja karena aku cucunya Betmen)

55. "Sakumaha berat na pagawean, bakal lewih hampang lamun teu di gawean." (Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan)

56. "Maneh mah sedih mun maca buku novel tragedi, kuring mah sedih mun maca buku tabungan." (Kamu tuh sedih pas baca buku novel tragedi, kalau aku sedih pas baca buku tabungan aku)

57. "Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg." (Orang baik sekarang langka, seperti gas LPG 3 Kg)

58. "Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho." (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa)

59. "Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku guru 'kunaon ai maneh kabeurangan?' Bejakeun weh: 'lalakon mah datangna paneuri." (Kalau pergi sekolah terus ditanya guru kenapa kamu terlambat? Bilangin kalau jagoan mah emang datangnya terakhir)

60. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir." (Terus aku harus gini, terus aku harus gitu, terus-terus emangnya aku ini tukang parkir)