Brilio.net - Melayani customer merupakan keahlian yang patut dimiliki penjual jenis apapun, termasuk yang berdagang di online shop. Perkara ini susah-susah gampang. 

Pasalnya, ada saja pembeli menyebalkan yang seringkali menjadi tantangan bagi penjual. Misalnya, mereka punya ekspektasi ketinggian terhadap produk padahal bujet mereka saja rendah. Belum lagi ada yang minta diskon berlebihan.

Namun, yang perlu diketahui cara komunikasi konsumen itu nggak melulu didasari niat jahat. Seperti yang diungkapkan di atas, kadang-kadang mereka memang pengin barang yang bagus dengan harga murah aja. Motifnya ekonomi. Kalaupun ada pernyataan konsumen yang pedas, anggap saja ia berniat memperbaiki dagangan kita, supaya jadi makin maju dan baik ke depannya. Berpikir positif seperti ini perlu kalau kamu pengin jadi orang yang sabar.

Kalau nggak ya keluarkan saja rasa kesalnya. Toh, kadang-kadang memang ada konsumen yang ngeselinnya kelewatan. Niat baik mereka seolah luntur karena tingkah mereka. Beberapa contohnya dapat dilihat pada gambar yang dihimpun brilio.net pada Selasa (25/7) ini. Gambar tersebut merupakan tangkapan layar chat kocak customer yang ngeselin. Nggak perlu lama-lama, langsung aja simak gambarnya di bawah.

1. Doanya bagus sih, tapi emangnya boleh semenyebalkan ini?

Customer niat baik jatuhnya ngeselin Berbagai sumber

foto: Instagram/@jakarta.keras