Brilio.net - Barang-barang antik seperti karya seni memang patut dijaga. Tidak hanya untuk persoalan nilai estetika, tetapi juga sebagai bukti sejarah. Selain itu, karya seni, seperti patung misalnya juga bisa dijadikan sebagai ikon bagi sebuah negara. Salah satunya adalah Argentina, saking perhatiannya dengan karya seni yang satu ini, pemerintah membuat 'rumah sakit' khusus patung, dikutip oleh brilio.net dari Business Insider, Selasa (26/5).

Patung sering menjadi korban vandalisme di Argentina. Bahkan jumlahnya sudah mencapai 2.000 buah. Angka tersebut belum ditambahkan pada kerusakan monumen dan benda-benda lainnya. Aksi vandalisme meningkat saat menjelang kampanye di negara tersebut. Bahkan para 'dokter', atau para seniman harus bersabar untuk memperbaiki patung yang telah rusak atau patah. Antriannya bisa mencapai 100 patung.

Pendirian 'rumah sakit' khusus patung ini didorong oleh pemerintah setempat. Departemen Monumen dan Karya Seni Argentina mengubah sebuah tempat workshop menjadi klinik untuk memperbaiki patung-patung yang rusak akibat aksi vandalisme. Tempat 'rumah sakit' tersebut berada di Buenos Aires.

Tidak mudah untuk memperbaiki semua patung. Selain jumlahnya banyak, para seniman juga harus 'menyembuhkan' patung seperti keadaan semula. Untuk mewujudkannya, mereka menggunakan gambar untuk membantunya merakit kembali.

Loading...