Brilio.net - Kalau melihat pura di suatu tebing pasti kita akan langsung teringat dengan Pantai Uluwatu di Pulau Bali, karena Bali memang identik dengan keindahan pantai dan budaya Hindunya. Namun berbeda dengan pantai yang satu ini. Pantai dengan corak Hindu yang kental ini berada di Jogja tepatnya di Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Ngobaran namanya, tepatnya terletak Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Ngobaran ini juga pantai yang terkenal dengan suasana pluralismenya, karena di sana terdapat masjid dan pura yang berdampingan namun tetap selaras.

Selain kamu dapat dimanjakan dengan budayanya dan keindahan lautnya dari atas tebing. Ngobaran juga merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, kamu bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun cokelat.

Pantai Ngobaran, sentuhan nuansa Bali di Gunungkidul

Pintu gerbang pantai

Loading...

Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

Dari atas tebing kamu bisa menuruninya dengan bebatuan yang telah dibuat tangga oleh penduduk sekitar. Jaraknya tidak begitu jauh dan tidak terlalu curam. Tapi kamu harus ingat, jangan sampai turun saat ombak sedang pasang.

Menurut pedagang yang berjualan di sekitar pantai, jika kamu datang sore kamu akan disuguhkan pemandangan yang berbeda, banyak warga yang warga tengah mencari landak laut untuk dijadikan makanan malam harinya.

Pantai Ngobaran, sentuhan nuansa Bali di Gunungkidul

Karang-karang pantai yang kokoh

Untuk bisa di makan, landak laut dikepras dulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan sabit. Daging yang ada di bagian dalam landak laut kemudian dicongkel. Biasanya warga mencari landak hanya berbekal ember, saringan kelapa, sabit, dan topi kepala untuk menghindari panas.

Pantai Ngobaran, sentuhan nuansa Bali di Gunungkidul

Seperti suasana pantai-pantai di Pulau Bali.

Fasilitas di sana juga sudah cukup lengkap dengan parkiran, toilet umum, dan warung-warung yang berjajar. Tiket masuknya juga cukup murah yaitu Rp 3.000 saja.

Kalau kamu liburan ke Jogja tidak ada salahnya menikmati suasana pantai dengan pemandangan yang berbeda. Ingat guys, Indonesia itu indah. Jangan cuma di rumah aja ya!

Rute: Jogja – Puyangan – Pathuk – Sambipitu – Gading (lapangan terbang) ada pertigaan ambil kanan ke arah Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran, sentuhan nuansa Bali di Gunungkidul

Pemandangan dari atas

Pantai Ngobaran, sentuhan nuansa Bali di Gunungkidul

Arca atau patung-patung nuansa Hindu di sekitar Pantai Ngobaran