Brilio.net - Mendengar nama Sulawesi Selatan untuk destinasi liburan, tentu yang akan segera terlintas di pikiran adalah Toraja dengan gambaran rumah tongkonan. Ya, Sulawesi Selatan memang terkenal dengan keberadaan adat istiadat suku Toraja yang sangat unik.

Namun, destinasi yang memesona di Sulawesi Selatan bukan hanya Toraja saja, bahkan wisata pantai yang ada di Sulawesi Selatan juga sangat bagus untuk destinasi liburan.

Jika kamu pecinta pantai maka salah satu pantai yang patut kamu kunjungi adalah Tanjung Bira. Suasana pantai dengan pasir putih dan air yang jernih menjadi ciri khas dari pantai Tanjung Bira yang terletak di bagian Selatan kota Makassar. Keberadaan Tanjung Bira memang tidak sepopuler seperti Bali ataupun Lombok, namun panorama yang disuguhkan tidak kalah menyenangkannya.

Tanjung Bira memiliki ombak yang cukup tenang sehingga sangat sesuai untuk liburan bersama keluarga dan tentunya untuk para pecinta terumbu karang dapat dengan mudahnya melakukan snorkeling.

"Saya berasal dari Jawa Barat, saya sengaja ke Bira ini untuk liburan, ternyata keindahannya tidak kalah dengan Bali ataupun Lombok," ujar Eva kepada brilio.net, Jumat (31/7) salah seorang wisatawan lokal yang menghabiskan libur lebaran di Tanjung Bira.

Keberadaan Tanjung Bira dapat diakses langsung dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar menuju Tanjung Bira dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 5 jam. Untuk penginapan di Tanjung Bira pun mudah untuk dijangkau bahkan pengunjung pun bisa memilih untuk tinggal di rumah masyarakat yang ada di sana.

"Saya sekeluarga memang senang dengan pantai dan dari kota Makassar Bira juga cukup dekat," ujar Dira, yang juga menghabiskan waktu libur lebarannya dengan menikmati keindahan bawah laut Tanjung Bira.

Tidak hanya wisata pantai saja, dari Tanjung Bira pun dapat dengan mudah mengakses beberapa pulau yang berpenghuni ataupun tidak berpenghuni yang berada di sepanjang sisi Tanjung Bira dan bisa diakses dengan kapal nelayan yang ada.

Pulau yang ada di lokasi Tanjung Bira seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang Loe. Jika berjalan di sepanjang pantai Tanjung Bira, maka wisatawan pun akan disuguhkan pemandangan kapal-kapal pinisi yang berjejer di pinggir pantai. Kapal-kapal tersebut merupakan milik para nelayan.

Berencana untuk melakukan liburan ke pantai dan bosan dengan suguhan Bali dan Lombok? Tanjung Bira bisa menjadi salah satu pilihan.

Berikut foto-foto panorama Tanjung Bira yang menakjubkan:

1. Sunset

Tanjung Bira, surganya pantai di Sulawesi Selatan

2. Pantai yang tenang dengan pasir putih

Tanjung Bira, surganya pantai di Sulawesi Selatan

3. Air laut yang masih jernih

Tanjung Bira, surganya pantai di Sulawesi Selatan

4. Lokasi snorkling

Tanjung Bira, surganya pantai di Sulawesi Selatan

5. Perahu pinisi yang tengah bersandar

Tanjung Bira, surganya pantai di Sulawesi Selatan