Brilio.net - Makam Sunan Muria yang terletak di Gunung Muria Kudus memang tak pernah sepi menjadi jujugan para peziarah. Setiap harinya silih berganti rombongan wisata rohani mendatangi tempat ini. Nah, buat kamu yang sudah jauh-jauh sampai kompleks Makam Sunan Muria, nggak ada salahnya kamu juga mampir Air Terjun Monthel yang letaknya tak jauh dari Makam Sunan Muria.

Air Terjun Monthel yang memiliki ketinggian 25 meter ini terletak sekitat 1,5 km dari kompleks Makam Sunan Muria. Untuk mencapai ke sana dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 30 menit dengan menyusuri jalan setapak di tengah-tengah kebun kopi. Udara yang sejuk dan panorama yang menawan membuat ritual jalan kaki menjadi tak terasa.

Menikmati Air Terjun Monthel di Kudus, sumber airnya tak pernah kering

Lim (35), pedagang yang telah 15 tahun berjualan di tempat wisata Air Terjun Monthel mengatakan bahwa Air Terjun Monthel mempunyai keistimewaan tersendiri dibandingkan air terjun pada umumnya. Di antara keistimewaannya adalah sumber airnya yang tak pernah kering. Selama ia berjualan di tempat wisata tersebut, belum pernah ia temui Air Terjun Monthel tak mengalirkan air.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Selain itu, ada juga yang mempercayai air di sini jadi obat berbagai penyakit, makanya sering para pengunjung mandi di sini," terang Lim kepada brilio.net, Rabu (22/7).

Menikmati Air Terjun Monthel di Kudus, sumber airnya tak pernah kering

Menikmati Air Terjun Monthel di Kudus, sumber airnya tak pernah kering

Pesona indah Monthel yang dikelilingi bebatuan menjadi daya tarik tersendiri bagi para peziarah Sunan Muria untuk menyempatkan waktunya mendatangi tempat ini. Tak sedikit pula orang-orang yang sengaja datang ke Monthel hanya untuk merasakan keasrian dan ketenangan tempat ini.

Untuk menikmati salah satu keindahan alam di Muria ini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 7 ribu saja. Keindahan alam dengan hawa yang menyejukkan dapat menjadi terapi penghilang penat di tengah aktivitas yang padat.

Kamu berminat berwisata religi ke sana? Selamat berlibur!

BERITA TERKAIT YANG WAJIB KAMU BACA:

Begini ceritanya kenapa Raden Paku akhirnya bisa dipanggil Sunan Giri

Kisah terenyuh Sunan Giri, saat bayi dibuang ke laut oleh kakeknya

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Mengenal peletak dasar-dasar kerajaan Islam pada era Wali Songo

'Tapa ngeli', cara Sunan Muria menyebarkan ajaran Islam

Ternyata Fatahillah bukan Sunan Gunung Jati, ini penjelasannya

Ini asal usul falsafah dahsyat Moh Lima besutan Sunan Ampel

Tokoh punakawan, peninggalan Sunan Kalijaga sewaktu berdakwah

Kisah Sunan Kudus yang berhasil sembuhkan wabah penyakit di Arab

Shalat minta hujan Sunan Gresik selamatkan gadis yang akan jadi tumbal

Ini penjelasan kenapa semua Wali Songo terletak di pesisir utara Jawa

(brl/gib)