Brilio.net - Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Sunan Gresik merupakan Wali tertua di antara 9 Wali. Ia menyebarkan Islam di daerah Gresik, Jawa Timur. Ia memulai dakwah dengan mendirikan masjid di Desa Pasucinan, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Di sanalah Sunan Gresik memulai dakwahnya.

Cara yang ditempuhnya adalah dengan mendekati masyarakat dengan bahasan dan perangai yang santun. Agama atau kepercayaan masyarakat setempat tidak langsung ditentang secara tajam. Berkat kehalusan dakwahnyalah banyak masyarakat yang masuk Islam.

Dikutip dari buku Jejak Para wali dan Ziarah Spiritual terbitan Kompas, ada banyak kisah turun temurun yang beredar di masyarakat setempat tentang Sunan Gresik. Salah satu kisahnya adalah tentang doa Maulana Malik Ibrahim yang banyak dikabulkan oleh Allah.

Diceritakan bahwa suatu ketika di daerah Sunan Gresik terjadi kemarau yang cukup panjang. Keadaan seperti itu membuat masyarakat cemas. Kebutuhan air selalu ada setiap hari, sementara kemarau panjang membuat pasokan air semakin menipis.

Masyarakat sekitar Sunan Gresik yang belum menganut Islam kemudian ingin mengadakan upacara meminta hujan. Tapi pada upacara tersebut, seorang gadis akan dijadikan korban agar turun hujan.

Loading...

Saat upacara akan dilaksanakan, tiba-tiba Sunan Gresik datang dan mendinginkan suasana dengan pembicaraan yang lembut. Sunan Gresik memberikan solusi lain untuk meminta hujan agar si gadis tak jadi dikorbankan. Sunan Gresik kemudian memimpin salat Istisqa' untuk memohon hujan kepada Allah. Tak lama kemudian langit mendung dan turun hujan. Gadis yang telah disiapkan sebagai korban upacara permintaan hujan pun selamat tak jadi dikorbankan. Bahkan mereka yang akan melakukan aupacara tersebut kemudian meminta diislamkan oleh Sunan Gresik.

BACA JUGA:

Ini kenapa bulan dalam kalender Jawa mirip dengan kalender Hijriyah

Evolusi hijab dari masa ke masa di Indonesia, cantik dan bikin gemes

Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

Ini kota di Amerika yang menerapkan hukum syariah Islam

Ini dia sahur ala anak kos masaknya pakai rice cooker dan setrikaan