×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

View Image

0

BRILIO » News

Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

Ada tahapan yang dilakukan sebelum menentukan awal Ramadan dan 1 Syawal.

17 / 06 / 2015

Brilio.net - Pemerintah melalui sidang isbat akhirnya memutuskan bahwa 1 Ramadan 1436 H jatuh pada hari Kamis (18/6) (baca:Umat muslim Tanah Air serempak mulai puasa pada Kamis . Salah satu metode yang biasanya digunakan dalam menentukan awal Ramadan yaitu rukyatul hilal atau pengamatan visual bulan baru. Lalu apa sebenarnya rukyatul hilal itu dan bagaimana proses pengamatan tersebut?

Rukyatul hilal adalah kegiatan pengamatan bulan sabit yang tampak untuk pertama kalinya setelah terjadi konjungsi. Proses pengamatan ini bisa dilakukan dengan mata telanjang maupun dengan bantuan teleskop. Menurut penuturan Danang D Saputra, salah seorang anggota Jogja Astro Club (JAC) kepada brilio.net, Rabu (17/6), ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

"Persiapannya adalah lebih kepada instrumentasi pengamatan, seperti teleskop robotik, kamera, laptop, dan GPS," ujarnya. Setelah segala perlengkapan komplit, kegiatan pengamatan pun siap dilaksanakan menjelang matahari tenggelam yaitu sekitar pukul 16.00 sampai 18.30. Apabila hilal tampak, maka pada saat itu juga (maghrib) telah memasuki tanggal 1 dalam penanggalan Hijriah.

Selain faktor teknis, kondisi cuaca pada saat pengamatan juga menentukan keberhasilan melihat bulan baru. "Kondisi langit juga penting, tapi itu bukan menjadi patokan, karena rukyatul hilal dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia," imbuhnya. Demi kelancaran pengamatan hilal itu sendiri, penentuan lokasi juga sangat penting.

Untuk di wilayah Yogyakarta, salah satu lokasi yang biasanya digunakan untuk rukyatul hilal yaitu di Pantai Parangkusumo. "Kami biasanya melakukan bersama Kementerian Agama dan RHI (Rukyatul Hilal Indonesia)," kata Danang.

Loading...

BERITA TERKAIT:

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    33%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more