Brilio.net - Dieng Culture Festival (DCF) 2015 akan dihelat untuk keenam kalinya pada akhir pekan ini, tepatnya 1-2 Agustus 2015. Agenda tahunan pesta budaya terbesar di Dieng ini bakal menyedot puluhan ribu pengunjung.

Festival tahun ini bakal diadakan beberapa agenda acara, di antaranya jalan sehat, seni tradisional, pesta lampion dan kembang api dan yang tak kalah menarik serta ditunggu oleh wisatawan adalah agenda ritual pencukuran rambut anak gimbal.

Ruwat rambut gimbal di Dieng merupakan puncak acara Culture Festival (DCF) 2015. di Dieng beberapa anak memiliki rambut gimbal asli yang dilatarbelakangi oleh keyakinan dan mitos warga setempat.

Rambut anak-anak yang gimbal secara alami tersebut akan dipotong kemudian diupacarakan untuk dilarung ke sungai. Rambut gimbal tersebut haruslah dipotong, konon katanya bila rambut gimbal dibiarkan, masyarakat Dieng percaya anak itu beserta keluarganya akan terancam musibah.

Kalian penasaran apa saja yang bisa didapat di sana, maka berkunjunglah ke Dieng Culture Festival (DCF) 2015. Dataran Tinggi Dieng sendiri terletak di dua kabupaten sekaligus. Sebagian bernaung di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan sebagian lagi berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng bagaikan negeri di atas awan karena terhampar di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut.