×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

News

Keliling 97 negara, 'Kang JJ' tunjukkan Indonesia bukan negara teroris

Jeffrey Polnaja.

Kang JJ ingin menunjukkan bahwa Indonesia bukan negara teroris.

Nur Romdlon

(brl/swh)

15 / 12 / 2015

Brilio.net - Langkah yang dilakukan Jeffrey Polnaja ini sungguh patut mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat Indonesia maupun dunia. Mengusung isu perdamaian, rider asal Jawa Barat ini mengelilingi 97 negara menggunakan motor kelas petualang BMW R1150GS selama 2.163 hari dengan jarak sejauh 420.000 km. Misi itu dilakukan mulai 23 April 2006 di Jakarta dan baru selesai pada 19 September 2015 lalu di Jakarta.

Apa yang dilakukan Kang JJ, panggilan akrab Jeffrey Polnaja, bukan sekadar perjalanan keliling dunia biasa. Mengusung slogan "Ride for Peace", pria 53 tahun ini ingin menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang cinta damai dan mendukung perdamaian dunia. Maka tak heran jika negara yang dikunjunginya termasuk negara-negara yang pada saat itu sedang terjadi konflik seperti Afganistan.

"Kalau datangnya di negara yang damai ya namanya ride for fun, bukan ride for peace," kata Kang JJ kepada brilio.net, Sabtu (12/12).

Banyaknya anggapan bahwa Indonesia adalah negara teroris pada awal tahun 2000-an menjadi penyebab keinginan Kang JJ untuk mengelilingi dunia. Menurutnya, sanggahan bahwa Indonesia bukan negara teroris tak akan digubris dunia jika ia hanya teriak di Bundaran HI Jakarta. Maka dari itu, ia kemudian terpikir untuk melakukan sesuatu yang membawa misi perdamaian bagi manusia.

Ide untuk keliling dunia lantas muncul dari anaknya saat mereka sedang menyaksikan berita mengenai isu terorisme di televisi. Merasa ide yang ditawarkan anaknya yang masih kecil itu adalah hal yang sangat bagus, Kang JJ lalu menyusun rencana untuk mengadakan perjalanan keliling dunia dengan mengendarai motor sesuai hobinya.

Namun niatnya ini bukan tanpa halangan. Seminggu sebelum tanggal yang telah direncanakan, ia mengalami kecelakaan hingga menyebabkan tulang kakinya retak bahkan secara medis bisa dinyatakan hampir lumpuh. Tapi karena tekad kuat dan niatan yang baik, sesuatu yang disebut sebagai keajaiban pun terjadi pada kakinya hingga bisa menjalankan misi pembuka sesuai dengan tanggal yang telah direncanakan.

Tanggal 23 April 2006, Kang JJ dilepas oleh para pendukung misinya untuk melakukan perjalanan keliling dunia dengan menaiki motor seorang diri. Ia lalu melakukan perjalanan untuk berkeliling Asia, Timur Tengah, Afrika, hingga Eropa. Di tengah melakukan perjalanan mengelilingi Eropa, pada 2008 ia putuskan untuk kembali ke Indonesia karena akan diberi penghargaan. Pada saat itu motor yang ia kendarai ditinggal di Eropa untuk dipamerkan pada salah satu acara otomotif terbesar di Eropa.

Setelah berbagi pengalaman dan menulis buku, pada 2012 Kang JJ melanjutkan perjalanan keliling dunia dari Belgia menuju Siberia, kemudian menyeberang ke Amerika, Alaska hingga ujung selatan Amerika Selatan. "Ada 38 negara bagian Amerika yang berhasil saya kunjungi," jelas Jeffrey.

Kang JJ bercerita jika banyak sekali hal yang bisa diceritakan dari perjalanannya mengelilingi 97 negara. Bertemu berbagai jenis orang di belahan dunia membuat banyak sekali pelajaran hidup yang bisa dipetik dan dibagi olehnya.

Karena membawa misi perdamaian, tak heran jika ia mendapat banyak sambutan hangat dari negara-negara yang dikunjungi. Apa yang dilakukannya pun selalu tak luput dari sorotan media yang ia kunjungi. Dari situ, misi Kang JJ untuk mengusung perdamaian dan mengenalkan Indonesia sangatlah efektif.

Perjalanan keliling dunia seorang diri dengan mengendarai motor sejauh 420.000 km menjadikan Kang JJ sebagai orang kedua yang berkeliling dunia dengan jarak terjauh. Orang pertama yang berhasil berkendara jarak terjauh adalah Emillio Scotto asal Argentina yang menempuh 735.000 km menggunakan motor Honda Gold Wing GL1100.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE