Brilio.net - Jika melihat kota Venesia tentunya kamu akan berdecak kagum dengan konsep huniannya yang berada di atas air. Nah Indonesia sendiri tak mau kalah, saat ini pemerintah Indonesia juga tengah mencanangkan kota di atas laut tepatnya di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Dilansir dari tanjungpinang.bpn.go.id, Rabu (17/6), kota Tanjungpinang sendiri mempunyai banyak keunikan. Salah satunya adalah punya beragam etnis dan budaya seperti Suku Melayu, Tionghoa, Jawa, Bugis dan lain-lain. Saat ini pun sudah banyak warga yang mendirikan rumah di atas laut tepatnya di area pesisir. Untuk memudahkan tiap rumah satu dengan rumah lainnya dibangun jalan di atas air yang diberi nama pelantar.

Fenomena hunian di atas laut sebenarnya sudah ada sejak lama tepatnya saat suku Melayu masih menguasai wilayah tersebut. Alasan mereka mendirikan rumah di atas laut bukan karena tidak adanya lahan di daratan, namun dilakukan agar lebih dekat dengan laut karena sebagian penduduk di sana memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Semakin tahun makin banyak orang yang mendirikan rumah di pesisir, sehingga menyebabkan sektor perdagangan ikut beralih ke sana. Dampak buruknya sampah yang ditimbulkan dapat merusak ekosistem laut. Oleh karena itu saat ini Kementerian Agraria dan Badan Pertanahan Nasional membuat peraturan baru. Peraturan ini nantinya berguna untuk mengatur lahan pemukiman di atas laut.

Selain itu dari warga dan pemerintah kota setempat juga harus sadar untuk tidak membuang sampah di laut. Jika masalah ini sudah selesai, niscaya kawasan kota di atas laut yang indah layaknya Venesia akan segera terwujud dan bisa dijadikan kota wisata.

Loading...

BERITA TERKAIT LAINNYA:

Enaknya tinggal di sini, di kota tersehat di Indonesia, kotamu kah?

Di kota ini lampu merah boleh diterobos motor

Bukan Bogor atau Malang, inilah kota terdingin di Indonesia, mana ya?

Kota ini disebut kota terbuang di ujung dunia, suasananya ngeri banget

BACA JUGA:

Keikhlasan bocah autis bantu ibunya jualan kaset pita jadul

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar

Pelajar ini 3 tahun menggendong temannya yang cacat ke sekolah

Dahsyat, bocah ini menangkan AMI Awards berkat tembang Walang Kekek

Kisah pilu seorang bocah yang kehilangan anjing kesayangannya

Wow, bocah 9 tahun kantongi 119 gelar martial arts

Kebaikan sepele 2 bocah kakak-beradik ini contoh nyata kepedulian