Brilio.net - Bisa dibilang pekerjaan itu tidak mengenal waktu. Belakangan ini makin banyak perusahaan yang ingin tetap 'hidup' 24 jam. Untuk mengantisipasi hal ini biasanya perusahaan memberlakukan kerja shift.

Nah bagi kamu yang bekerja di perusahaan yang memberlakukan sistem shift, pasti merasakan hal yang berbeda dengan mereka yang bekerja secara reguler. Kira-kira apa saja ya yang dirasakan para pekerja shift ini?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber (14/12), 10 hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift. Apakah kamu termasuk?

1. Jam biologismu berubah

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk? foto: mikesextonnc.wordpress.com

Ketika bekerja dengan sistem shift, aktivitasmu pasti banyak yang berubah. Jika kamu biasa tidur malam bisa saja kamu tidur pagi. Dengan begini otomatis jam biologis tubuhmu pasti ikut berubah. Terkadang karena masih kaget dengan perubahan jam biologis ini, kamu merasa sangat sering mengantuk selama bekerja. Bahkan kalau kamu nggak pintar membagi waktu, ini bisa mengganggu kesehatanmu lho.

2. Harus pandai atur waktu

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk?

foto: sophiezo.com

Senin masuk malam, Selasa masuk siang, Rabu masuk pagi. Kerja shift itu nggak seperti kerja dengan waktu reguler yang waktunya sudah ditentukan setiap hari. Hal ini menuntut kamu harus pandai mengatur waktu. Karena kalau nggak, kehidupan dan kesehatanmu bisa berantakan.  

3. Hidupmu nggak membosankan

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk? foto: mindbodyonline.com

Ini salah satu hal positif yang dimiliki mereka yang kerja shift. Karena waktu kerjamu yang nggak menentu setiap minggunya, kamu jadi merasa dinamis dan hidupmu lebih berwarna. Hidupmu nggak membosankan seperti mereka punya jam kerja tetap atau office hour.

4. Kamu jadi rentan terhadap penyakit

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk? foto: toppixgallery.com

Penelitian menemukan bahwa orang yang bekerja secara shift lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan dan masalah kesehatan.  Masalah kesehatan ini antara lain seperti obesitas, risiko terhadap tekanan darah, sistem endokrin, nasfu makan, bahkan sampai diabetes lho. Ini terjadi karena jam biologis yang berubah.

Nah, untuk mengatasi itu semua, kamu wajib berolahraga, makan makanan sehat, tidur yang cukup, jangan sering-sering minum kopi apalagi alkohol. Semua ini akan meningkatkan sistem imunitas tubuhmu sehingga kesehatan tetap terjaga.

5. Merasa was was ketika mendapat shift malam

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk? foto: hopesandfears.com

Kamu yang kerja shift pasti pernah ngalamin yang namanya masuk malam. Kalau sudah begini nggak jarang kamu harus pulang dini hari. Ini membuat kamu merasa was was terutama kamu para ladies. Lebih menyedihkan lagi kalau kamu harus masuk malam pas malam minggu. Tapi kalau kamu yang jomblo kayaknya malah seneng deh kalau malam minggu masuk kerja. Ya kan? Udah ngaku aja mblo.

6. Kadang-kadang hidupmu bagaikan zombie

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk? foto: sliptalk.com

Kalau kamu sudah nggak bisa mengatur jadwal hidupmu, dapat dipastikan hidupmu bagaikan zombie. Kurang tidur, makan nggak teratur, BAB juga nggak teratur, dan ketidakteraturan yang lainnya.

7. Kehidupan sosialmu juga ikut berubah

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk?

foto: theivylie.com

Kamu kerja teman-temanmu pulang kerja, teman-temanmu sudah pada tidur eh kamunya baru bangun, jadi jarang ketemu deh. Hal ini pasti pernah dirasakan para pekerja shift. Akibatnya kehidupan sosialmu juga ikut berubah.

Nah, untuk mengatasi hal ini, pintar-pintarnya kamu untuk mengatur waktu. Sesedikit apa pun waktumu, tetaplah meluangkan waktu untuk mereka supaya komunikasi hangat tetap terjaga.

8. Hari liburmu berbeda dengan pekerja pada umumnya

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk?

foto: memegenerator.net

Asyiknya kalau kamu kerja shift kamu bisa merasakan hari libur di hari yang nggak seharusnya libur. Kamu bisa saja libur di hari Aenin. Otomatis tempat wisata pasti sepi dan nggak penuh sesak. Asyik kan?

9. Kadang kamu harus bekerja lebih lama karena temanmu telat

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk?


foto: dailymail.co.uk
Kalau kerja shift itu pasti gantian sama rekan kerja kamu. Namun yang bikin sebal itu kalau kamu harus tukar shift dengan temanmu yang suka telat. Seharusnya kamu bisa pulang jam 12 malam eh kamu bisa bekerja sampai dini hari karena temanmu datangnya telat. Pasti jengkel banget kan kalau sudah kayak gini.

10. Kamu jadi akrab sama yang namanya kopi

10 Hal yang cuma dirasakan mereka yang bekerja shift, kamu termasuk?

foto: profitguide.com

Kamu yang kerja shift pasti juga suka begadang karena harus berangkat kerja. Karena ini seharusnya jam tidur kamu, kamu jadinya ngantuk dan mengatasinya dengan ngopi. Hal ini bisa jadi kebiasaan dan akhirnya kamu jadi akrab sama yang namanya kopi. Tapi hati-hati, kebanyakan minum kopi juga nggak baik buat kesehatan lho.