×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tinggi badan di pagi dan sore hari itu berbeda-beda lho, kok bisa ya?

0

BRILIO » Life

Tinggi badan di pagi dan sore hari itu berbeda-beda lho, kok bisa ya?

Tapi penelitian ini dilakukan pada anak berumur 3-15 tahun, sehingga untuk orang dewasa belum ditemukan hasil yang serupa.

27 / 05 / 2015

Brilio.net - Pernah nggak merasa bingung karena tinggi badan bisa berbeda-beda setiap sesi pengukuran? Lebih tepatnya, tinggi tubuh akan berbeda di pagi dan sore hari. Ini ternyata fakta lho!

Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Pediatrics International, menemukan bahwa tinggi badan pada sore hari bisa menyusut hingga setengah sentimeter dibandingkan tinggi badan pada pagi hari. Penelitian ini dilakukan pada 400-an anak yang berusia 3-15 tahun.

Peneliti berpendapat bahwa penyusutan tinggi badan tersebut terjadi akibat batang tubuh (trunk) yang memendek sepanjang siang hari. Selain itu, sepanjang hari, tulang rawan (cartilago) di antara ruas tulang belakang memendek akibat pengaruh gravitasi dan aktivitas di siang hari.

Tapi, sekali lagi penelitian ini dilakukan pada anak berumur 3-15 tahun, sehingga untuk orang dewasa belum ditemukan hasil yang serupa.

Dikutip brilio.net dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Rabu (27/5), sebagai saran setiap kali kamu mengukur tinggi badan, sebaiknya lakukan di waktu yang sama (misal pukul 7 setelah makan pagi) untuk menghindari kebingungan.

Fakta lainnya, menurut studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Bone and Joint Surgery, ukuran telapak kaki juga cenderung lebih panjang di sore hari. Oleh karena itu, belilah sepatu pada waktu tersebut agar terhindar dari sepatu yang kesempitan.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more