×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tertawa bikin tubuh lebih sehat

View Image

0

BRILIO » Life

Tertawa bikin tubuh lebih sehat

Tertawa memiliki efek pembersihan pada paru-paru karena banyak oksigen yang masuk ke paru-paru.

06 / 05 / 2015

Brilio.net - Tertawa itu menyehatkan. Itu ungkapan yang seringkali kita dengar. Memangnya mengapa bisa?

Dilansir brilio.net dari laman huffingtonpost.com, Rabu (6/5), berikut cara tertawa bisa bikin kesehatanmu dalam kondisi prima.

1. Memperbaiki hubungan sosial

Oke, mungkin ini tidak terkait kesehatan fisik, melainkan kesehatan mental. Dengan mudah tertawa dan menjadi pribadi yang punya selera humor tinggi, akan mengakrabkan kamu dengan orang-orang di sekelilingmu, baik di rumah maupun di kampus atau kantor. Bukankah menyenangkan memiliki banyak teman yang bisa saling memberikan kenyamanan satu sama lain sehingga kamu tidak mudah merasa sendirian, bahkan stres?

2. Menurunkan tekanan darah

Loading...

Awalnya tertawa akan meningkatkan tekanan darahmu, tapi akhirnya akan turun kembali sehingga memberikan efek santai. Hal ini juga akan menyebabkan dirimu bisa bernapas lebih dalam sehingga oksigen akan lebih banyak masuk ke dalam tubuh. Itu pertanda bagus untuk kesehatan ragawimu.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan tertawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meningkatkan antibodi melawan infeksi dalam tubuh. Selain itu, tertawa juga menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan stres, sehingga bisa meningkatkan peluang menangkal pilek atau flu.

4. Meringankan rasa nyeri

Tertawa bukan hanya memberikan kekuatan pada kita untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit atau nyeri, tapi juga melepaskan endorfin yang menghasilkan perasaan euforia. Endorfin ini juga akan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

5. Meringankan depresi

Tertawa dapat menmperbaiki suasana hati dan melepaskan hormon endorfin. Selain itu juga bisa membantu meringankan perasaan cemas, stres, mudah tersinggung, dan perlahan depresi akan terkurangi.

6. Melindungi jantung

Ketika kita tertawa, tekanan darah perlahan menurun. Aliran darah ke jantung meningkat seiring lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan aliran darah kita. Dengan begitu, dinding arteri kita semakin kuat. Pada akhirnya, kita memiliki risiko kecil terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, arthritis atuau bahkan bisul atau jerawat.

7. Bentuk kecil dari olahraga

Tertawa dengan perut sebenarnya merupakan latihan yang baik. Kamu mempekerjakan diafragma, perut dan bahumu. Mungkin efeknya tidak sefantastis olahraga berat yang mengeluarkan keringat, tapi tertawa seratus kali adalah setara dengan 10 (sepuluh) menit pada mesin dayung.

8. Meningkatkan pernapasan

Tertawa memiliki efek pembersihan pada paru-paru karena banyak oksigen yang masuk ke paru-paru. Hasilnya adalah kita bisa bernapas lebih dalam. Hal ini juga bermanfaat pada orang-orang dengan penyakit pernapasan seperti asma.

9. Menurunkan berat badan

Perlahan tapi pasti, tertawa sudah disebut sebagai olahraga ringan. Sekalipun ringan, tertawa beberapa menit bisa meningkatkan denyut jantung dan mempercepat metabolisme sehingga membakar kalorimu, lho. Bisa jadi sarana menurunkan berat badan?

Nah, guys, masih malu-malu untuk tertawa?

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more