Brilio.net - Setelah menghadai UN (Ujian Nasional), kamu juga harus prepare untuk seleksi masuk PT (Perguruan Tinggi). Tidak hanya persoalan mental dan otak saja yang harus kamu perhatikan. Fisik juga harus dijaga agar kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu, kamu harus bisa milih menu sarapan yang bagus, sebabnya makanan merupakan modal utama saat kamu tempur dalam ujian.

Ada beberapa panduan yang bisa kamu tiru dalam menyiapkan sarapan untuk ujian, dikutip oleh brilio.net dari BBC, Sabtu (30/5). Hal yang harus ada dalam menu sarapan kamu adalah air putih. Elemen ini sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi otak kamu. Tidak perlu banyak-banyak untuk minum air putih. Paling banyak adalah 200 ml.

Jika kamu tidak menyukai air putih, kamu bisa menggantinya dengan jus buah, teh, atau kopi. Untuk dua menu terakhir, jangan terlalu banyak. Berdasarkan sebuah riset, peserta yang minum air, terutama air putih, hasilnya meningkat 5% dibandingkan yang tidak.

Untuk menu makanannya, kamu bisa memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Contohnya adalah oat atau roti gandum. Selain itu, kamu juga harus menamahkan zat protein seperti susu, yogurt, atau telur. Kandungan protein tersebut membuat kamu tidak mudah lapar. Selain itu, makanan tersebut membuat kamu semakin fokus.

Jadi, dengan sarapan yang cocok untuk otak, kamu semakin siap dan semangat dalam mengerjakan soal ujian seleksi masuk PT. Semoga berhasil!   

Loading...